Upaya Repatriasi Delapan Artefak Budaya Nusantara dari Belanda oleh Pemerintah Indonesia Pada Tahun 2020-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raditya, Raqin Rafa (2024) Upaya Repatriasi Delapan Artefak Budaya Nusantara dari Belanda oleh Pemerintah Indonesia Pada Tahun 2020-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raqin Rafa Raditya_10040220099_full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Raqin Rafa Raditya_10040220099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasca era pendudukan Belanda di Indonesia yang banyak merenggut artefak bernilai budaya dan kesejarahan, Pemerintah Indonesia berupaya melakukan pemulihan pengetahuan sejarahnya melalui repatriasi artefak budaya dari Belanda. Penelitian ini berusaha menyajikan gambaran upaya Pemerintah Indonesia dalam proses repatriasi delapan artefak budaya nusantara dari Belanda pada tahun 2020-2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan penggunaan dokumentasi yang menunjang. Teknik analisis data dilakukan
menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif menurut Miles dan Huberman. Penelitian ini mengemukakan empat rangkaian upaya repatriasi yang dilakukan Pemerintah Indonesia dalam kurun waktu 2020 hingga 2023. Pertama yakni dalam tahap identifikasi dan verifikasi, dimana Pemerintah Indonesia mendirikan Tim Repatriasi yang bertugas menyusun naskah rekomendasi terhadap artefak yang akan dikembalikan. Tahap kedua yakni permintaan resmi, dimana Pemerintah Indonesia mengajukan permintaan repatriasi atas delapan artefak kepada Komisi Belanda melalui Tim Repatriasi. Tahap ketiga yakni negosiasi dan diplomasi, dimana Pemerintah Indonesia melalui Tim Repatriasi bernegosiasi dengan Naturalis Biodiversity untuk memberikan beberapa artefak milik Indonesia. Hingga tahap keempat yakni pengembalian dan pemulihan, Pemerintah Indonesia berhasil mencapai tuntutan repatriasi artefak dari Belanda untuk kemudian dipamerkan di tanah air sebagai bentuk upaya pemulihan sejarah milik Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raditya, Raqin Rafaraqinraditya28@gmail.com10040220099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Zudanzurosidi@yahoo.co.id2023038101
Subjects: Hubungan Internasional
Negara
Budaya
Keywords: Upaya Repatriasi; Pemerintah Indonesia; Delapan Artefak Budaya Nusantara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Raqin Raditya
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:05
Last Modified: 05 Sep 2024 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73376

Actions (login required)

View Item View Item