Implementasi jarimah ta'zir di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang: studi komparatif Syeikh Abdullah Ahmad al-Na'im dan Syeikh Wahbah al-Zuhaili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arif, Moh. Alfian (2024) Implementasi jarimah ta'zir di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang: studi komparatif Syeikh Abdullah Ahmad al-Na'im dan Syeikh Wahbah al-Zuhaili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Alfian Arif_05040520054 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (6MB)
[img] Text
Moh. Alfian Arif_05040520054.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang merupakan salah satu pondok pesantren yang terkenal, tertua dan besar di Jawa Timur. Pesantren ini memiliki sistem salaf dan khalaf yang berdasarkan ajaran ahlussunnah wal jama’ah dan juga telah mengalami berbagai perubahan yang ditujukan untuk mencetak generasi yang berakhlaqul karimah. Dalam konteks hukum Islam, terdapat kajian menarik tentang jarīmah ta'zīr menurut Syeikh Abdullah Ahmad al-Na'im dan Syeikh Wahbah al-Zuhaili. Jarīmah ta'zīr menurut Syeikh Abdullah Ahmad al-Na'im ialah suatu tindakan pelanggaran yang kadar hukumnya belum jelas, penegak hukum harus membuat kadar hukuman tersebut berdasarkan nilai-nilai kontemporer dan melihat kondisi masyarakat sekitar. Sedangkan jarīmah ta'zīr menurut Syeikh Wahbah al-Zuhaili ialah suatu tindakan pelanggaran yang hukumannya ditetapkan atas pebuatan maksiat yang tidak dikenakan hukuman had dan kafārat. Metode penelitian yang diterapkan adalah empiris, dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersumber dari sumber primer yang berupa wawancara dengan ketua, devisi keamanan, santri, serta observasi di pondok pesantren, dan sumber sekunder yang diambil dari buku, kitab, artikel, dan karya-karya yang berkaitan dengan jarīmah ta'zīr. Dengan cara mengumpulkan secara sistematis dari sumber primer dan sekunder, dan membatasi juga mempersempit batasan-batasan dengan cara menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik deskriptif analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, bahwa implementasi jarīmah ta'zīr di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang sudah sah dan sesuai dengan syariat Islam karena telah mencerminkan moral hukum Islam. Penulis menemukan beberapa perbedaan dan persamaan mengenai jarīmah ta'zīr di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menurut Syeikh Abdullah Ahmad al-Na'im dan Syeikh Wahbah al-Zuhaili. Perbedaannya mencakup pada konsep hukum positif dan hukum pidana Islam, dasar hukum, dan penetapan hukuman ta'zīr. Sedangkan persamaannya mencakup pada tujuan jarīmah ta'zīr, diskriminasi, dan reformasi hukum pidana Islam. Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis memberikan saran dengan mempertimbangkan pandangan komparatif Syeikh Abdullah Ahmad al-Na'im dan Syeikh Wahbah al-Zuhaili diharapkan implementasi jarīmah ta'zīr di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dapat memberikan dampak positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Pondok Pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arif, Moh. Alfianalfianarif274@gmail.com05040520054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Hukum Islam
Pesantren
Keywords: Jarimah ta'zir; Pondok Pesantren; Bahrul Ulum Tambakberas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Moh. Alfian Arif
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:22
Last Modified: 04 Sep 2024 13:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73381

Actions (login required)

View Item View Item