Literasi digital pemilih pemula dalampemilihan presiden 2024 : studi tentang kampanye politik di akun tiktok @ganjarmahfud.app dalam perspektif karang taruna pabean cantian kota surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Ayu Giri (2023) Literasi digital pemilih pemula dalampemilihan presiden 2024 : studi tentang kampanye politik di akun tiktok @ganjarmahfud.app dalam perspektif karang taruna pabean cantian kota surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Giri Wulandari_I71219039.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ayu Giri Wulandari_I71219039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penyelenggaraan pemilu di Indonesia harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Media sosial berperan penting dalam menyediakan informasi dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas pemilu. Literasi digital diperlukan untuk menghindari disinformasi dan meningkatkan pemahaman politik. Pemilu serentak tahun 2024 akan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas dan partisipasi pemilih. Pemilih yang akan terlibat dalam pesta demokrasi berusia 17 tahun. Pemilih pemula perlu memiliki pemahaman politik yang benar dan mengetahui pentingnya partisipasi mereka. Literasi untuk menggalang partisipasi aktif para pemilih pemula merupakan salah satu upaya untuk membuka wawasan mereka bahwa suara anggota Karang Taruna Pabean Cantian Kota Suarabaya dengan memberikan pendidikan politik agar lebih melek terhadap politik saat ini. Tujuan dari penelitian ini adaalah untuk mengetahui Konten @Ganjarmahfudapp dan Perspektif Pemilih Pemula Karang Taruna Pabean Cantian Kota Surabaya Setelah Melihat Konten Tersebut dan untuk Mengetahui Kesadaran Politik Pemilih Pemula Karang Taruna Pabean Cantian Kota Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dan penelusuran pada pemilih pemula di Karang Taruna Pabean Cantian Kota Surabaya. Dalam menganalisis data adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital sangat efektif dan dibutuhkan oleh masyarakat. Pada saat ini media sosial TikTok ramai digunakan oleh kalangan masyarakat khususnya pemilih pemula. Seperti unggahan video akun Tiktok @Ganjaranmahfudapp yang diikuti oleh Karang Taruna Pabean Cantian, akun tersebut banyak menampilkan konten yang dapat dimaknai sebagai komunikasi politik, seperti pendidikan politik, konten belajar bahasa isyarat, memberikan bantuan kepada masyarakat. Hal tersebut sedikit demi sedikit sudah membentuk kesadaran politik bagi para anggota Karang Taruna Pabean Cantian. Anggota Karang Taruna sudah melakukan beberapa kegitan seperti mengadakan penyuluhan kepada masyarakat kecamatan terkait pemilu, membantu menyalurkan bantuan sosial, berpartisipasi mengikuti pemilihan umum. Sehingga untuk mensuskseskan pemilhan umum 2024 dibutuhkan pasrtisipasi masyarakat khususnya pemilih pemula. Oleh karena itu, anak muda Indonesia harus aktif berpolitik, boleh dengan ikut serta dalam pemilih umum atau menyampaikan aspirasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Ayu Giriismyayuu24@gmail.comI71219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBariroh, Laililbariroh.20@gmail.com2003117702
Subjects: Masyarakat
Partai Politik
Pemikiran
Keywords: Literasi Digital; TikTok @Ganjarmahfudapp; pemilih pemula
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ayu Giri
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:19
Last Modified: 06 Sep 2024 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73384

Actions (login required)

View Item View Item