Peran orang tua dalam menanamkan nilai toleransi pada remaja di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Alfi Nur Rohmah Dwi (2024) Peran orang tua dalam menanamkan nilai toleransi pada remaja di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Nur Rohmah Dwi Agustin_100020320033.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Alfi Nur Rohmah Dwi Agustin_100020320033 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Remaja Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Pentingnya toleransi bagi masyarakat Desa Balun yang masyarakatnya memiliki tiga agama, yakni ismalm kristen dan hindu. Pentingnya peran orang tua sebagai model atau contoh bagi anak karena toleransi merupakan salah satu sikap dasar yang harus dimiliki seorang remaja untuk menjadi seorang manusia yang baik dan benar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling, yaitu orang tua, anak, dan perangkat desa. Teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwasanya cara orang tua dalam menanamkan nilai toleransi menjadi sangat penting bagi anak atau remaja, karena orang tua merupakan madrasah pertama yang dicontoh oleh anak sega sesuatu yang diperbuatnya, dan akan menjadi cerminan sikap maupun sifat anak atau remaja nantinya. Bentuk interaksi yang paling efektif ialah dengan berkomunikasi. Dengan adanya komunikasi yang efektif, interaksi sosial dapat berjalan dengan lancar, memungkinkan individu atau kelompok untuk saling memahami, bekerja sama, dan membangun hubungan yang positif. Bentuk komunikasi dapat berupa komunikasi verbal dan nonvrbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Alfi Nur Rohmah Dwialfiagustin020802@gmail.com10020320033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamaltaufiq70@gmail.com197008021997021001
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Budaya; agama
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Alfi Agustin
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:17
Last Modified: 17 Sep 2024 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73404

Actions (login required)

View Item View Item