Saintifikasi pembuktian eksistensi tuhan: gaya dakwah rasional Dr. Zakir Naik melalui youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnan, Moch (2022) Saintifikasi pembuktian eksistensi tuhan: gaya dakwah rasional Dr. Zakir Naik melalui youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Husnan_B01217037.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moch Husnan_B01217037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gaya dakwah rasional yang sangat fenomenal sebagaimana kecerdasan dakwah Nabi Ibrahim AS dan juga Nabi Muhammad SAW karena memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan kualitas intelegensi dan juga keimanan umat islam. Penelitian dengan metode kualitatif ini juga menekankan pada cara berpikir filosofis dan berpijak pada fenomena sosial atau paradigma fenomena sosial. Penelitian ini lebih peka dan dapat menyesuaikan dengan metode kualitatif.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa berdakwah dengan gaya rasional tentu memberikan daya intelektual (kesadaran) serta meningkatnya keimanan tauhid kita kepada Tuhan, dalam dakwah gaya rasional tentu dalam penyampaiannya harus memenuhi 3 syarat pokok penalaran, yaitu (1) Argumentasi pemikirannya berpangkal pada kenyataan, atau titik pangkalnya harus benar, (2) Argumentasinya harus tepat dan kuat, (3) Jalan pikirannya dalam menyampaikan harus logis atau lurus keterhubungannya (sah). Di era modernitas ini tingkat intelektualitas masyarakat semakin tinggi, sehingga secara tidak langsung gaya dakwahnya da’i juga harus lebih bisa relevan pada kondisi intelektualitas mad’unya, maka peran gaya dakwah rasional sangat penting pada situasi era modernitas ini untuk dikuasai oleh pendakwah. Rekomendasi gaya dakwah rasional ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pelatihannya da’i dalam melatih berpikir rasionalnya serta melatih penyampaian retoris pendakwah, agar yang disampaikan dapat memberikan argumentasi yang berbobot dan memberikan sistematika yang runtut kelogisannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnan, Mochhusnan353@gmail.comB01217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah
Komunikasi
Keywords: Dakwah; rasional; dakwah rasional; dakwah modern
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: husnan moch
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:07
Last Modified: 04 Sep 2024 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73405

Actions (login required)

View Item View Item