Analisis Pengelola Pasar Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Di Pasar Wage Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadenta, Sekar Ayu (2022) Analisis Pengelola Pasar Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Di Pasar Wage Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Sekar Ayu Nadenta_G01218022.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Sekar Ayu Nadenta_G01218022_full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Analisis Potensi Pasar Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang di Pasar Wage Kabupaten Sidoarjo" ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana peran pasar terutama pada pasar desa ditengah maraknya pasar modern yang semakin berkembang pesat. Pasar yang sejatinya memiliki potensi akan meningkatkan pendapatan ekonomi bagi pedagang pasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data wawancara diperoleh dari pedagang Pasar Wage, pengelola Pasar Wage, petugas keamanan Pasar Wage, Sekretaris Desa Wage, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendapatan pedagang mengalami peningkatan karena potensi pada pasar wage. Potensi pasar disebabkan oleh tiga faktor, yaitu penetapan harga yang sesuai dengan ekonomi masyarakat sekitar, penataan pasar yang sudah tertata rapi, serta sarana dan prasarana yang memadai di pasar wage. Selain potensi pasar yang menunjang pendapatan pedagang, terdapat faktor-faktor lain diantaranya modal, jam kerja, lama usaha, dan jumlah tenga kerja. Peneliti memiliki saran untuk pasar wage kedepannya alangkah lebih baik untuk mengelompokkan pedagang sesuai jenisnya untuk mempermudah pembeli dalam memilih barang-barang yang akan dibeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadenta, Sekar Ayuayunasan99@gmail.comG01218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Keywords: Potensi; pasar, pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sekar Ayu Nadenta
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:35
Last Modified: 04 Sep 2024 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73412

Actions (login required)

View Item View Item