Pemberdayaan poktan dalam penerapan konsep ekonomi sirkular melalui hidroponik sistem rakit apung di Dusun Randu Pukah Desa Gadung Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nabilah (2024) Pemberdayaan poktan dalam penerapan konsep ekonomi sirkular melalui hidroponik sistem rakit apung di Dusun Randu Pukah Desa Gadung Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Isnaini_04010220012 OK.pdf

Download (838kB)
[img] Text
Nabilah Isnaini_04010220012 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan konsep ekonomi sirkular melalui hidroponik sistem rakit apung. Penelitian ini berfokus untuk menemukenali dan memahami akan adanya aset atau potensi yang dapat dikembangkan, menyusun strategi pemberdayaan POKTAN, mengetahui hasil pemberdayaan POKTAN, dan memahami relevansi dakwah bil hal dengan pemberdayaan yang dilakukan pada POKTAN Randu Pukah dalam penerapan konsep ekonomi sirkular. Penelitian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), dimana pada kegiatan aksinya bertujuan untuk mengembangkan aset dan potensi yang ada untuk mewujudkan impian bersama. Tahapan pendekatan ABCD meliputi discovery, dream, design, define, dan destiny. Aset yang ditemukan, meliputi adanya keterampilan tiap anggota POKTAN, adanya POKTAN Randu Pukah untuk mewadahi pengelolaan di bidang pertanian, dan limbah rumah tangga yang dapat dimanfaatkan sebagai media hidroponik, serta pemanfaatan lahan pekarangan yang kosong. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemberdayaan yang dapat dilakukan, yakni melalui edukasi, pelatihan, dan praktik prosedur hidroponik sistem rakit apung. Hasil dari kegiatan pemberdayaan ini adalah adanya peningkatan keterampilan anggota POKTAN Randu Pukah dalam menanam tanaman hidroponik, penguatan kelembagaan komunitas, dan peningkatan ekonomi keluarga, serta sebagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nabilahnabilahis1410@gmail.com04010220012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, YusriaYusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Masyarakat
Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Sirkular; Hidroponik Sistem Rakit Apung.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nabilah Isnaini
Date Deposited: 07 Sep 2024 00:20
Last Modified: 07 Sep 2024 00:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73463

Actions (login required)

View Item View Item