SEKOLAH INTEGRAL PESANTREN HIDAYATULLAH TATANAN PENDIDIKAN KOMPREHENSIF MENGHADAPI MASA DEPAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomsatun, Siti (2000) SEKOLAH INTEGRAL PESANTREN HIDAYATULLAH TATANAN PENDIDIKAN KOMPREHENSIF MENGHADAPI MASA DEPAN. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah : bagaimana pelaksanaan pendidikan pesantren secara. umum dan pertumbuhannya ditinjau dari historis pendidikan pesantren apa yang menjadi visi dan misi pesantren Hidayatullah ke depan menghadapi tantangan masa depan, bagaimana pelaksanaan sistem dan pengelolaan sekolah integral pesantren Hidayatullah. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penelulisan skripsi ini dengan menggunakan metode kualitatif naturalistic yang memapar secara keseluruan bentuk institusi secara utuh dengan berlatar alamiah, metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang analisa datanya secara induktif lebih bersifat empiris dan rasional (pengalaman lapangan murni). Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan dan keberadaan pesantren yang banyak mewarnai sejarah bangsa indonesia, dengan berbagai macam sistemnya yang berbecia antar pesantren yang banyak menjadi sorotan bagi banyak kalangan. Dalam pertumbuhannya, pembicaraan antara pesantren salaf dan khalaf menjadi satu pijakan bagi pesantren Hidayatullah untuk memillh dan mengembangkan pola pendidikannya demi mengembalikan peran manusia sebagai khalifah AlIah d i muka bumi (2) dengan melihat kebelakang fungsi Islam dan lembaga pendidikan Islamam yang berpengaruh pada cara pandang masyarakat, dan pandangan kemasa depan dengan tuntutan yang demikian komplek menjadikan suatu visi dan misi pesantren Hidayatllah untuk menjadikan suatu pesantren yang berifat kompferehensip, seimbang antara pendidikan nilai dan sikap,pengetahuan, keterampilan dan mampu menyesuaikan diri secara konstruktif dengan lingkungan. (3) dalam mewujudkan pendidikan yang komprehensif menghadapi masa mepan, sistem pengelolaan yang dilaksanakan pesantren Hidayatullatr ialah dengan menggunakan sistem integral yang mengintegrasikan beberapa unsur:
a) Integrasi kurikulum Dikbud dan kepesantrenan
b) Integrasi institusi atau lingkungan yang terdiri dari sekolah, pesantren dan asrama demi terwujudnya pendidikan yang efektif, efisien dan berkelanjutan
c) Integrasi pendekatan yang terdiri pendekatan ilmiah, alamiah dan Islamiah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomsatun, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Pesantren; pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:08
Last Modified: 21 Jul 2016 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item View Item