Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multiple representasi terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi gelombang di MTs Darul Hikmah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daroini, A'thy Inayaty (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multiple representasi terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi gelombang di MTs Darul Hikmah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A'thy Inayaty Daroini_06021020009 ok.pdf

Download (9MB)
[img] Text
A'thy Inayaty Daroini_06021020009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 August 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains untuk memenuhi tuntutan pembelajaran abad 21. Pembelajaran abad 21 mengkolaborasikan pembelajaran dengan teknologi. Namun, pada kenyataannya keterampilan proses sains masih belum dilatihkan. Sebagaimana hasil studi awal di MTs Darul Hikmah Prasung keterampilan proses sains tergolong dalam kategori rendah. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Oleh karena itu perlu adanya variasi media pembelajaran seperti halnya media pembelajaran interaktif berbasis multiple representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) validitas, (2) kepraktisan, (3) keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis multiple representasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains. metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Media diuji dengan validitas konstruk. Untuk mengetahui kepraktisan secara teori media interaktif diujikan melalui ahli praktisi dan kepraktisan secara praktik melalui respon siswa pada kelompok kecil. Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis multiple representasi pada uji coba kelompok besar sebanyak 19 peserta didik kelas VIII MTs Darul Hikmah prasung, dan dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil pengembangan berupa media interaktif berbasis multiple representasi dinyatakan dalam kategori “sangat valid” berdasarkan validasi ahli media, ahli materi dan validasi soal keterampilan proses sains dengan nilai rata-rata validasi media sebesar 93, validasi materi 80 dan validasi soal keterampilan proses sains memperoleh 80. Kepraktisan secara teori dan praktik media pembelajaran interaktif berbasis multiple representasi dinyatakan “sangat praktis” dengan diperoleh nilai 98 dari ahli praktisi dan nilai 97% diperoleh dari respon siswa. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig 2.tailed 0,000 yang berati terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil N-Gain score memperoleh nilai > 0,3 dengan kategori sedang, sehingga media interaktif berbasis multiple representasi efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daroini, A'thy Inayatyinadaroini@gmail.com06021020009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, TatikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Subjects: Kurikulum
Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Media interaktif berbasis multiple representasi; keterampilan proses sains; gelombang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: A'thy Hilmi
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:48
Last Modified: 04 Sep 2024 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73481

Actions (login required)

View Item View Item