Pengaruh sosialisasi, kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, dan kepemimpinan kepala desa terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan PBB P-2: studi di desa Ngepung kecamatan Kedamean kabupaten Gresik tahun 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Na'imah, Yuni Kharisma Masrurotun (2024) Pengaruh sosialisasi, kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, dan kepemimpinan kepala desa terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkotaan PBB P-2: studi di desa Ngepung kecamatan Kedamean kabupaten Gresik tahun 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuni Kharisma Masrurotun Na'imah_08030220101.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Yuni Kharisma Masrurotun Na'imah_08030220101_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Sejak tanggal 15 September 2009, Undang-Undang No. 18 Tahun 1997 dan Undang-Undang No. 34 Tahun 2000 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tidak berlaku lagi dan digantikan oleh Undang-Undang No. 28 Tahun 2009. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak daerah serta Retribusi daerah yang memutuskan PBB P-2 menjadi pajak daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sosialisasi, kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, dan kepemimpinan kepala desa terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan studi empiris di Desa Ngepung Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data berupa data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner responden dan sekunder yang digunakan sebagai data pendukung. Jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 329 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R²) menggunakan IBM SPSS Statistic 26.Hasil ini menunjukkan bahwa sosialisasi berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sanksi perpajakan berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kepemimpinan kepala desa berpengaruh berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan secara simultan sosialisasi, kualitas pelayanan fiskus, sanksi perpajakan, dan kepemimpinan kepala desa berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PBB P-2 di Desa Ngepung. Dari penelitian ini diharapkan pemerintah desa, hendaknya lebih memperhatikan masyarakat terutama pada pembayaran pajaknya, melakukan pendekatan yang baik pada masyarakat, agar mereka merasa diperhatikan oleh pemerintah. Memberikan sosialisasi yang baik dan merata pada masyarakat, serta memberikan penyuluhan tentang pajak agar masyarakat tahu dan paham akan kewajiban membayar pajak yang baik dan benar, serta memberikan kemudahan masyarakat untuk membayarkan pajaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Na'imah, Yuni Kharisma Masrurotun08030220101@student.uinsby.ac.id08030220101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselvia.eka@uinsby.ac.id2030079304
Subjects: Kepala Desa
Pajak bumi dan bangunan
Pajak dan Perpajakan
Keywords: PBB P-2; sosialisasi; kualitas pelayanan fiskus; sanksi perpajakan; kepemimpinan kepala desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Yuni Kharisma Masrurotun Na'imah
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:07
Last Modified: 05 Sep 2024 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73507

Actions (login required)

View Item View Item