Pesan dakwah film series Sajadah Panjang season 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Intansari, Lutfiani (2024) Pesan dakwah film series Sajadah Panjang season 2. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiani Intansari_04020120048_Full.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lutfiani Intansari_04020120048.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dakwah pada era modern sekarang apabila dilakukan dengan media perfilman dapat menarik masyarakat untuk menerima pesan nabi. Adanya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dakwah memiliki kebutuhan dan selera mad’u yang berbeda. Penggunaan media komunikasi perlu dimanfaatkan dengan baik agar pesan dakwah efektif dan tepat pada sasaran. Penelitian ini menjawab rumusan masalah apa pesan dakwah film series Sajadah Panjang season 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes pada jenis penelitian analisis teks media, teori pesan dakwah milik Moh. Ali Aziz dan teori film milik Efendi, teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan pesan pada dakwah pada film series Sajadah Panjang season 2 disajikan didlam bentuk adegan-adegan yang ditampilkan kepada pemerannya meliputi tiga aspek, sama pada aqidah yang berketerkaitan pada keimanan ataupun keyakinan untuk Allah SWT, syariat yang berketerkaitan pada aturan ataupun ketetapan daru Allah SWT, moral yang berketerkaitan pada perilaku manusia. Pernyataan diatas menjelaskan bagaimana bermakna pesan dakwah yang ada pada film Series Sajadah Panjang season 2, dengan tiga aspek yang ditampilkan pemain didalam adegan yang disajikan pada film Series Sajadah Panjang season 2, mulai dari Aqidah, Syariat, Moral. Ada sebagian saran yang peneliti sampaikan. yakni agar masuk sangat didalam pada studi yang sangat mendetail.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Intansari, Lutfianilutvianiintansari@gmail.com04020120048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsa.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Pesan dakwah; semiotik Roland Barthes; Sajadah Panjang season 2
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lutfiani Intansari
Date Deposited: 06 Sep 2024 04:46
Last Modified: 06 Sep 2024 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73562

Actions (login required)

View Item View Item