Kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam pengembangan sumber daya manusia guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'am, Elya Daimun (2023) Kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam pengembangan sumber daya manusia guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elya Daimun Ni'am_D03219006 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Elya Daimun Ni'am_D03219006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan visioner kepala madrasah, pengembangan sumber daya manusia di MAN 1 Bojonegoro; mendeskripsikan pengembangan sumber daya manusia guru; dan mengungkap faktor penghambat pengembangan sumber daya manusia guru dan solusi dalam mengatasi faktor penghambat sumber daya manusia guru di MAN 1 Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dangan jenis penelitian deskriptif. Untuk memperolah data dalam penelitia ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisi data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini penelitin menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi teknik. Hasil akhir penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, (1)kepemimpinan visioner kepala madrasah di MAN 1 Bojonegoro diwujudkan dengan menjalankan empat peran sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, dan pelatih. (2) pengembangan sumber daya manusia guru di MAN 1 Bojonegoro dilakukan dengan melakukan pembinaan akademis, pemberdayaan tenaga kependidikan, dan peminaan karir. (3) faktor penghambat dalam pengembangan sumber daya manusia guru di MAN 1 Bojonegoro diantaranya peserta dan dana pengembangan, untuk mengatasi faktor penghambat pengembangan melalui evaluasi dan pencarian alternatif penyelesaian masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'am, Elya Daimunelyadaimunn@gmail.comD03219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan visioner; kepala madrasah; sumber daya manusia; guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Elya Daimun Ni'am
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:48
Last Modified: 06 Sep 2024 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73584

Actions (login required)

View Item View Item