Peran sentra industri kerupuk dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febrianti, Rani (2023) Peran sentra industri kerupuk dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rani Febrianti_G01218017.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rani Febrianti_G01218017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Semakin modern perkembangan pada era ini, pemerintah harus tanggap, inovasi, dan kreatif untuk memperkuat pembangunan ekonomi Indonesia, salah satunya melalui Sentra Industri, karena sentra industri merupakan suatu bentuk kegiatan dalam dunia usaha dan sebagai salah satu bentuk ekonomi rakyat yang memiliki potensi dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan serta berdampak meningkatkan perekonomian nasional. Salah satu sentra industri adalah sentra industri kerupuk di Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Sebelum adanya Sentra industri kerupuk di Desa Tlasih Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh pabrik,buruh tani dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi sentra industri kerupuk dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat sentra industri dalam meningkatakan ekonomi masyarakat di Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Pendekatan penelitian ini menggunakan perspektif pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu pertama dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendapatan terendah keluarga sebelum berkecimpung di sentra industri kerupuk ikanini yaitu Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000 per bulan setelah adanya sentra industri kerupuk ikanini pendapatan terendah dari keluarga mereka menjadi Rp 2.100.000 – Rp 2.500.000 per bulan, bahkan pendapatan tertinggi hingga diatas Rp 5.000.000 per bulan. Faktor pendorong dan penghambat aktivitas sentra industri kerupuk ikan dalam peningkatan ekonomi keluarga Desa Tlasih Kabupaten Sidoarjomeliputi sumber daya manusia, permodalan, alat, bahan, proses pembuatan, dan pemasaran. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah kondisi ekonomi keluarga dari pemilik maupun karyawan sentra industri kerupuk ikanini juga mengalami peningkatan, sebelum adanya usaha tersebut pendapatan mereka dikategorikan rendah dan juga sedang, setelah adanya sentra industri kerpuk ikan ini pendapatan mereka menjadi sedang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febrianti, Ranifebrianti29rani@gmail.comG01218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Ekonomi
Industri Kecil
Keywords: Sentra industri; industri kerupuk; ekonomi masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rani Febrianti
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:56
Last Modified: 10 Sep 2024 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73607

Actions (login required)

View Item View Item