Isolasi dan identifikasi bakteri pendegradasi mikroplastik dari perairan Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiani, Diana Yunita (2024) Isolasi dan identifikasi bakteri pendegradasi mikroplastik dari perairan Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Yunita Widiani_09040420054 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Diana Yunita Widiani_09040420054.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perairan mangrove Wonorejo merupakan salah satu perairan yang tercemar oleh sampah plastik. Penelitian sebelumnya menunjukkan sampah anorganik yang ditemukan di area tersebut sangat bervariasi jenisnya, namun yang paling banyak ditemukan ialah dari jenis botol plastik sejumlah 46 item/1500m2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isolat bakteri pendegradasi mikroplastik dan potensi degradasinya pada masing-masing isolat bakteri. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling yaitu dilakukan dengan pengacakan tanpa dilihat tingkatan populasi sejenis. Isolasi bakteri menggunakan media Nutrient Agar (NA) sedangkan media untuk uji potensi isolat bakteri dalam mendegradasi mikroplastik menggunakan media Tryptic Soy Broth (TSB) karena memiliki nutrisi yang tinggi untuk pertumbuhan bakteri pada media cair. Pada uji tersebut menggunakan potongan plastik jenis PET. Hasil penelitian ditemukan 9 isolat bakteri, akan tetapi pada uji degradasi terdapat 5 isolat bakteri yang mampu mendegradasi mikroplastik. Isolat bakteri yang mampu mendegradasi mikroplastik hingga 14% dengan potensi paling efektif yaitu dari genus bakteri Pseudomonas. Potensi selanjutnya yang efektif dimiliki oleh genus bakteri Klebsiella, Enterobacter dan Proteus dengan kemampuan degradasi sebesar 4% serta genus bakteri Bacillus sebesar 3%. Terdapat beberapa isolat bakteri yang tidak memiliki potensi dalam mendegradasi mikroplastik yaitu bakteri Neisseria, Streptomyces, Streptococcus dan Eschericia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiani, Diana Yunitadianayunitawidiani@gmail.com09040420054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id201409003
Thesis advisorFahmi, Muhammad Yunanmyunanf@gmail.com201409004
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Isolat bakteri; mikroplastik; perairan Hutan Mangrove Wonorejo
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Diana Yunita Widiani
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:16
Last Modified: 12 Sep 2024 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73674

Actions (login required)

View Item View Item