Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Gather Town pada materi sistem persamaan linier dua variabel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausiyah, Salsabilla (2023) Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Gather Town pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabilla Firdausiyah_D74217065 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Salsabilla Firdausiyah_D74217065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu cara guru untuk meningkatkan semangat belajar adalah membuat pembelajaran berbasis teknologi terkini dan menarik peserta didik. Media pembelajaran matematika berbasis gather town sebagai salah satu variasi media pembelajaran matematika untuk menarik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis gather town yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa media pembelajaran matematika berbasis Gather town. Subjek pada penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas VIII MTs Nurul Fatah Gresik. Data penelitian diperoleh dari catatan lapangan, lembar validasi, angket, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis proses pengembangan media, analisis validitas media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan analisis efektivitas media pembelajaran. Hasil analisis data pada tahap analysis menunjukkan bahwa peserta didik MTs Nurul Fatah Gresik diperbolehkan menggunakan PC/laptop yang ada di laboratorium komputer untuk pembelajaran matematika akan tetapi peserta didik belum pernah menggunakan media gather town dalam proses pembelajarannya. Kemudian pada tahap design diperoleh rancangan media gather town. Adapun pada tahap development didapatkan prototype media pembelajaran. Kemudian pada tahap implementation didapatkan data hasil validasi ahli materi dan media, data respon guru matematika, data hasil tes hasil belajar, dan data respon peserta didik. Selanjutnya pada tahap evaluation didapatkan analisis dari data yang telah diperoleh. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator. Media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata total nilai kevalidan sebesar 3,57. Media pembelajaran yang dikembangkan juga masuk dalam kategori praktis dengan respon guru matematika sebesar 90%. Media pembelajaran yang dikembangkan juga dinilai efektif dengan ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dan skor respon peserta didik sebesar 85% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausiyah, Salsabillailla123969@gmail.comD74217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Matematika; media pembelajaran; gather town
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Salsabilla Firdausiyah
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:17
Last Modified: 10 Sep 2024 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73680

Actions (login required)

View Item View Item