Pengaruh leverage, kepemilikan institusional dan Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap tax avoidance pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Theresa Rahayu (2024) Pengaruh leverage, kepemilikan institusional dan Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap tax avoidance pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Theresa Rahayu Pratiwi_08020320064 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Theresa Rahayu Pratiwi_08020320064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional Dan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Sub Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020-2022” penelitian ini berawal dari banyaknya penghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di subsector property dan real estate yang terdaftar di BEI. Upaya penghindaran pajak dilakukan dengan cara memanfaatkan kelemahan-kelemahan dalam undang-undang dan peraturan perpajakan untuk memperkecil jumlah pajak yang terutang. Penghindaran pajak legal dilakukan namun mengakibatkan kerugian pada negara yang cukup besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis data sekunder. Data sekunder diperoleh dari Annual Report dan Sustainability Report perusahaan yang diterbitkan pada masing-masing web perusahaan maupun www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam menguji instrument dan hipotesis dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh Leverage terhadap Tax Avoidance, Sedangkan variable kepemilikan institusional dan CSR tidak berpengaruh pada Tax Avoidance. Serta secara simultan leverage, kepemilikan institusional dan CSR tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance Perusahaan Subsector Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022. Manfaat dari penelitian ini bagi Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate dapat membantu perusahaan dalam merancang kebijakan internal terkait pajak, mengidentifikasi risiko pajak yang mungkin mereka hadapi dan mengembangkan strategi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi pajak. Dan untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan dan bahan yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya terkait Tax Avoidance.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Theresa Rahayutheresarp064@gmail.com08020320064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id199305032019032020
Subjects: Manajemen
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Leverage; Corporate Sosial Responsibility (CSR); tax avoidance; Bursa Efek Indonesia (BEI)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Theresa Rahayu Pratiwi
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:21
Last Modified: 12 Sep 2024 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73683

Actions (login required)

View Item View Item