Keterampilan manajerial kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen perubahan di Madrasah Aliyah Nurul Amin Rojopolo Jatiroto Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Selvia Raindra (2023) Keterampilan manajerial kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen perubahan di Madrasah Aliyah Nurul Amin Rojopolo Jatiroto Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selvia Raindra Pratama_D93219099.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Selvia Raindra Pratama_D93219099_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan yang terlibat yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan waka kurikulum. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan manajerial yang dilakukan kepala madrasah yaitu : (a) Keterampilan konsep, (b) Keterampilan hubungan dengan manusia, (c) Keterampilan administrasi, (d) Keterampilan teknik, Pengembangan manajemen perubahan yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu menggunakan model teori kurt lewin dengan melalui fase pencairan, fase perubahan dan fase pembekuan kembali. Kemudian faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mengembangkan manajemen perubahan yaitu : faktor pendukung : (a) Lingkungan, (b) Sasaran dan Nilai, (c) Teknik, (d) Struktur, (e) Manajerial. Faktor penghambat : (a) ketidakpastian pada finansial dan pendanaan yang kurang. (b) Kebiasaan buruk dibawa kedalam. (c) kekhawatiran akan pribadi mengenai ketidakcukupan dana. (d) Keyakinan perubahan itu tidak menguntungkan organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Selvia Raindraselviaraindra@gmail.comD93219099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsa.ac.id2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Keterampilan manajerial; kepala madrasah; manajemen perubahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Selvia Raindra Pratama
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:53
Last Modified: 10 Sep 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73687

Actions (login required)

View Item View Item