Pemberdayaan ekonomi santri melalui program santripreneur berbasis potensi lokal: studi kasus pada Bank Sampah Nusantara Darussalam di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Ahmad Ainun (2020) Pemberdayaan ekonomi santri melalui program santripreneur berbasis potensi lokal: studi kasus pada Bank Sampah Nusantara Darussalam di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ainun Najib_F52917002 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Ainun Najib_F52917002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi santri merupakan upaya untuk memberdayakan santri yang karena segala keterbatasannya baik karena faktor internal maupun eksternal. Batasan masyarakat dalam penelitian ini memfokuskan pada masyarakat pesantren yang spesifik kepada santri. Program peningkatan kemandirian ekonomi santri dapat diwujudkan salah satunya dengan program santripreneur. Adapun rumusan masalah berdasarkan pada latar belakang adalah untuk mengetahui: 1) agaimana pemberdayaan ekonomi santri melalui santripreneur berbasis potensi lokal pada santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi; 2) bagaimana penerapan pemberdayaan ekonomi santri melalui santripreneur berbasis potensi lokal santri pada santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi; 3) bagaiama hasil dari penerapan pemberdayaan ekonomi santri melalui santripreneur berbasis potensi lokal terhadap santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. Metode penelitian ini menggunakan metde deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk mengolah data menggunakan tehnik editing, coding, dan tabulasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif Huberman dan Miles. Ada tiga hal utama yang harus dilakukan dalam teknik analisis ini yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan pemberdayaan ekonomi yang dilakukan BSND memiliki manfaat atau pengaruh yang positif karena mampu membersihkan lingkungan melalui usahanya. Terbukti sampah yang masuk ke tempat pembuangan bisa berkurang hingga hampir 60% karena sampah yang ada bisa dimanfaatkan menjadi produk-produk yang memiliki nilai ekonomi. Upaya pengelolaan sampah sudah sesuai dengan prinsip 3R yakni reduce, reuse dan recycle. Penanaman Nilai nilai kewirausahaan kepada para santri yang dilakukan oleh BSND menggunakan kaidah Positive Youth Development (PYD). Saran dari penelitian ini agar dijadikan sebagai referensi untuk mengembangkan strategi pemberdayaan ekonomi santri melalui optimalisasi potensi lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Ahmad Ainunnajib.ipnu@gmail.comF52917002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107102
Subjects: Ekonomi Islam
Pesantren
Santri
Keywords: Kemandirian ekonomi; santri; entrepreneurship; Bank Sampah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Ahamad Najib
Date Deposited: 12 Sep 2024 05:47
Last Modified: 12 Sep 2024 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73744

Actions (login required)

View Item View Item