Penguatan kapasitas komunitas Batik Tin Sumbermulyo dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi UMKM batik kampung Sumber Mulyo Kelurahan Gundih Kecamatan Bubutan Surabaya Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bakti, Yugo Dwi (2023) Penguatan kapasitas komunitas Batik Tin Sumbermulyo dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi UMKM batik kampung Sumber Mulyo Kelurahan Gundih Kecamatan Bubutan Surabaya Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yugo Dwi Bakti_B02219043 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2027.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Yugo Dwi Bakti_B02219043.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di kampung batik Sumbermulyo, Gundih ini bertujuan untuk mengembangkan aset dan kemampuan yang dimiliki oleh ibu-ibu PKK. Aset tersebut yakni kemampuan anggota ibu-ibu PKK membuat kerajinan batik yang sebelumnya pernah mendapat penghargaan dari pemerintah kota Surabaya sebagai kampung hijau Surabaya. Kelompok ibu-ibu PKK kampung Sumbermulyo menjadi subjek dampingan yang dilakukan oleh peneliti. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam menggali data dan informasi adalah dengan melaksanakan serangkaian aksi secara nyata di lapangan. Aksi yang dilakukan tersebut ialah wawancara, observasi, dan FGD bersama masyarakat. Fokus utama dalam pendampingan ini yaitu pengembangan pada aset kain batik yang kemudian dimodifikasi menjadi batik jeans, yang dapat meningkatkan perekonomian pada warga kampung Sumbermulyo. Hasil dari pendampingan dapat dilihat dari adanya perubahan pada masyarakat. Perubahan tersebut berupa warga sadar dan memiliki pemahaman mengenai aset yang dimiliki serta bagaimana cara untuk mengelola aset manusia dengan maksimal dan efektif. Sehingga terbukanya peluang pasar dan mengikuti trend fashion, serta meningkatkan perekonomian warga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bakti, Yugo Dwiarargorn.dunedain22@gmail.comB02219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Wirausaha
Keywords: Komunitas Batik Tin; kemandirian ekonomi; UMKM batik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: yugo dwi bakti
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:40
Last Modified: 17 Sep 2024 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73795

Actions (login required)

View Item View Item