Pemilihan supplier cabai dengan metode analytical hierarchy process: studi kasus di UD. Aftra Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Azis Kinanda (2023) Pemilihan supplier cabai dengan metode analytical hierarchy process: studi kasus di UD. Aftra Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azis Kinanda Putra_G91219068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Azis Kinanda Putra_G91219068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemilihan supplier cabai dengan menggunakan metode AHP pada UD. AFTRA Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Analytical Hierarchy Process yang merupakan metode yang mutakhir dalam menentukan ataupun mementukan sebuah pilihan berdasarkan alternatif dan opsi dengan berbagai pertimbangan juga disertai standard khusus. Metode ini berawal dari menentukan sebuah tujuan dilanjut dengan penentuan faktor-faktor dan paling akhir adalah alternatif dari faktor-faktor tersebut. Dalam pengolahan datanya menggunakan aplikasi yang mendukung AHP yaitu aplikasi expert choice 11 yang dapat membantu ditemukannya prioritas dari faktor dan lokasi dalam pemilihan supplier cabai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang dominan dalam memilih supplier cabai adalah ketepatan waktu, disusul harga, kemudian kualitas dan prioritas lokasinya adalah Probolinggo dengan keunggulannya yang menonjol pada ketepatan waktu dan harga. Penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi UD. AFTRA untuk menerapkan metode AHP dalam pemilihan supplier cabai dan direkomendasikan untuk memperhatikan faktor lain selain faktor harga, ketepatan waktu dan kualitas seperti ketersediaan cabai pada lokasi & track record.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Azis Kinandaaziskinandaputra@gmail.comG91219068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilik_elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Analytical hierarchy process; supplier; bahan baku cabai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Azis Kinanda Putra
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:21
Last Modified: 17 Sep 2024 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73802

Actions (login required)

View Item View Item