Pemanfaatan media teknologi dalam satuan layanan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

lailiyah, Nurul (2012) Pemanfaatan media teknologi dalam satuan layanan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul lailiyah D33208007 ok.pdf

Download (17MB)

Abstract

Arus perkembangan zaman yang semakin berkembang dan maju telah memberikan pengaruh besar bagi kehidupan manusia di dunia, terutama dalam hal komunikasi dan informasi. Sadar akan hal itu, para insan komunikasi dan informasi terus menciptakan dan mengembangkan berbagai macam teknologi salah satu hasilnya adalah media yang merupakan sebuah alat bantu komunikasi manusia. Dengan semakin maraknya media berteknologi yang canggih dan modem, akan memberikan kemudahan manusia dalam berkomunikasi dan informasi. Munculnya variasi-variasi media teknologi dapat memberikan manfaat besar bagi dunia kesehatan, sosial, ekonomi, olahraga, maupun pendidikan. Di dunia pendidikan, media telutologi sangatlah penting dimanfaatkan untuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Begitupun juga dengan BK (Bimbingan dan Konseling) yang terus mengoptimalkan komunikasi antara guru BK dengan konseli (siswa). Media teknologi dalam bimbingan dan konseling merupakan sebuah trobosan baru (inovasi) dalam meyelaraskan perkembangan zaman. Seperti yang telah dilakukan oleh bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, sudah berbagai media teknologi telah dimanfaatkan dalam kegiatan layanan BK pada siswa. Berkaitan dengan hal itu, peneliti memberikan rumusan permasalahan yang ingin dan akan diteliti yaitu mengenai pemanfaatan media teknologi di SMA Negeri I Taman Sidoarjo, satuan layanan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, dan pemanfaatan media teknologi dalam satuan layanan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Adapun metode yang akan dilakukan dalam penelitian adalah berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi melengkapi pelaksanaan penelitian ini yang digunakan untuk memperoleh data-data yang diinginkan. Dari pelaksanaan metode penelitian, diperoleh hasil bahwa pemanfaatan media teknologi di SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo sebagian besar dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Sementara itu, untuk satuan kegiatan layanan BK sudah cukup baik karena telah terlaksana sesuai dengan BK pola 17 plus. Sedangkan media teknologi yang digunakan dalam layanan BK diantaranya adalah komputer, multimedia power point, video/ film, intemet, dan telepon/ HP.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
lailiyah, NurulUNSPECIFIEDD33208007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Media teknologi; satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:06
Last Modified: 18 Sep 2024 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73831

Actions (login required)

View Item View Item