Analisis pandangan Ngawi Astronomy Club terhadap kelayakan Bukit Kerek Indah Ngawi sebagai tempat alternatif Rukyatulhilal di Daerah Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifulloh, Mohammad Sultan Yusuf (2023) Analisis pandangan Ngawi Astronomy Club terhadap kelayakan Bukit Kerek Indah Ngawi sebagai tempat alternatif Rukyatulhilal di Daerah Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabayaz.

[img] Text
Mohammad Sultan Yusuf Saifulloh_C96219050.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Mohammad Sultan Yusuf Saifulloh_C96219050_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini, penulis membahas mengenai analisis pandangan Ngawi Astronomy Club terhadap kelayakan Bukit kerek Indah Ngawi sebagai tempat alternatif rukyatulhilal di daerah Ngawi. Dengan pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: pertama, bagaimana pandangan Ngawi Astronomy Club terhadap kelayakan Bukit Kerek Indah Ngawi sebagai tempat alternatif rukyatulhilal di Daerah Ngawi. Kedua, analisis tingkat kelayakannya berdasarkan aspek geografis, meteorologis dan klimatologis. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik studi lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan sumber data primer yaitu data hasil wawancara dengan Bapak Rodhy Agiel Saputro selaku tim Ngawi Astronomy Club dan Bapak Nur Hasyim Ashari selaku staf Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) di Stasiun Geofisika Sawahan Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang dipakai penulis adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, observasi berupa pengamatan langsung di Bukit Kerek Indah Ngawi; dan wawancara kepada Bapak Rodhy dan Bapak Nur; serta dokumentasi berupa laporan hasil pengamatan oleh Ngawi Astronomy Club. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana semua data yang telah diperoleh akan di jelaskan terlebih dahulu lalu dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, penggunaan BKI Ngawi sebagai tempat alternatif rukyat di Ngawi digagaskan oleh NAC. Didasari dari penelitian yang telah dilakukan, NAC berpendapat bahwa BKI Ngawi bisa digunakan sebagai tempat rukyat dengan skala nasional. Meskipun jika dikaitkan dengan kriteria tempat rukyat yang ideal, BKI Ngawi masih banyak kekurangan. Meski begitu, NAC dan penggiat ilmu falak serta astronomi yang ada di Kabupaten Ngawi tetap bahu-membahu dalam mengupayakan BKI Ngawi sebagai tempat rukyat skala nasional. Kedua, dari hasil analisis mengenai kelayakan BKI Ngawi, didapatkan kesimpulan bahwa terdapat beberapa kriteria yang sudah terpenuhi dan sebagian belum. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Pertama, melakukan berbagai pembenahan terkait kekurangan Bukit Kerek Indah Ngawi, sebelum dilaksanakan kegiatan rukyatulhilal dengan skala nasional untuk kedepannya. Kedua, selaras dengan pembenahan kekurangan Bukit kerek Indah Ngawi, disarankan juga untuk lebih banyak melakukan kegiatan rukyatulhilal atau pengamatan astronomi lainnya, guna menunjang kepopularitasan dan menambah data hasil penelitian, yang nantinya akan bisa digunakan sebagai pertimbangan pemerintah pusat dalam menetapkan Bukit Kerek Indah Ngawi sebagai tempat rukyatulhilal berskala nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifulloh, Mohammad Sultan Yusufsultanyusuf2904@gmail.comC96219050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@GMAIL.COM0716088604
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Falak; rukyatulhilal; kelayakan tempat rukyatulhilal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Mohammad Sultan Yusuf Saifulloh
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:26
Last Modified: 23 Sep 2024 01:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73860

Actions (login required)

View Item View Item