KH. Hasyim Asyari: studi tentang kepemimpinan Hasyim Asyari di MIAI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Moh. (2005) KH. Hasyim Asyari: studi tentang kepemimpinan Hasyim Asyari di MIAI. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Hasan A02399024 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah ( 1) geneologi Hasyim Asy'ari (2) Motivasi berdirinya MIA1 (3) Peran Aktif Hasyim Asy'ari dalam MIAI. Dalann menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan politik sesuai dengan masalah tersebut sumber-sumber yan2 digunakan adalah karya ihniah atau buku sejarah baik dari kalangan sejawan maupun tokoh lainnya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, KH. Hasynn Asy.ari merupakan tokoh terkernuka dikalangan Islam Tradisional. Beliau tidak hanya pendiri NU tapi juga pejuang mujahidin pada masa pergerakan nasional sampai perang kemerdekaan RI. KH. HasYlm Asy'ari Dilahirkan di desa Gedang pada tanggal 14 Februari 1871 M. Lingkungan Pesantren membawanya menjadi seorang yang agamanya sangat kuat, sehingga ia mendirikan pondok Pesantren. Pemikiran KH. 1 lasyim Asy'ari telah menimbulkan pertentangan antara kaum Islam modernis dan tradisionalis tentang khilafiyah dan syarrah. fetapi KH. Hasyim Asy'ari dapat mendamaikan diantara kedua golongan tersebut. Akhirnya dari sikap kompromi tersebut menghasilkan federasi MIAI pada tangal 21 September 1937.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Moh.UNSPECIFIEDA02399024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Keywords: KH. Hasyim Asyari
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:29
Last Modified: 27 Sep 2024 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73915

Actions (login required)

View Item View Item