Pengaruh puasa sunnah senin kamis terhadap kecerdasan emosional (EQ) peserta didik di Madrasah Diniyab Asrama Putri II Al Khodijah Pondok Pesantren Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibad, Wasilatul (2012) Pengaruh puasa sunnah senin kamis terhadap kecerdasan emosional (EQ) peserta didik di Madrasah Diniyab Asrama Putri II Al Khodijah Pondok Pesantren Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wasilatul Ibad_D31208049 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Puasa sunnah senin kamis Terhadap Kecerdasan emosional (EQ) peserta didik di Madrasah Diniyab Asrama Putri II Al Khodijah pondok pesantren peterongan Jombang", adalah hasil karya "WAS1LATUL IBAD". Skripsi ini berangkat dari penemuan Daniel Goleman seorang ahli neurolog dan psikologi. Melalui penelitian ilmiahnya Goleman menemukan jenis kecerdasan yang disebut yaitu EQ (Emotional Quotient). Goleman menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual. Menurut Goleman kecerdasan intelektual (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor kekuatan-kekuatan lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) yakni kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Oleh sebab itu, penulis sengaja meneliti tentang "Pengaruh puasa sunnah senin kamis terhadap kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Diniyah Asrama Putri II Al Khodijah pondok pesantren darul ulum peterongan lombang". Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 90 orang, yang kemudian diambil sampel sebesar 25 %. Jadi sampel yang penulis ambil adalah 24 peserta didik. Data tersebut diolah menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, yaitu dikatakan kuantitatif karena data-datanya berupa angka dan dalam menganalisis data-data menggunakan rumus statistik. Dalam penelitian ini terdapat 2 variabel, yang pertarna yaitu variabel bebas (Puasa sunnah senin kamis) dan yang kedua adalah variabel terikat (Kecerdasan Emosional), sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan analisis korelasi, yaitu Pearson correlation product moment untuk mengetahui sejauh mana penganih puasa sunnah senin kamis terhadap kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Diniyah Asrama Putri II Al Khodijah pondok pesantren peterongan Jombang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan puasa sunnah senin kamis peserta didik adalah tergolong Cukup, dengan instrtunent angket yaitu 65,3% dan untuk tingkat kecerdasan emosional peserta didik, juga tergolong Culcup dengan nilai 70,1%. Kemudian untuk analisa tentang Pengaruh puasa sunnah senin kamis Terhadap Kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Diniyah Asrama Putri II Al Khodijah pondok pesantren peterongan Jombang adalah diperoleh hasil penghitungan rxy 0,620. Adapun 0,620 adalah terletak di antara 0,40 — 0,70 sehingga dapat dinyatakan bahwa korelasi antara variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang sedang atau cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibad, Wasilatulwasilatul.ibad@gmail.comD31208049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ibadah
Keywords: Puasa sunnah senin kamis; kecerdasan emosional (EQ)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:41
Last Modified: 09 Oct 2024 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74050

Actions (login required)

View Item View Item