Pengaruh Strategi Critical Incident (pengalaman penting) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS. Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharoh, Miftakhul (2009) Pengaruh Strategi Critical Incident (pengalaman penting) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS. Ihyaul Ulum Dukun Gresik. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Muthoharoh_D31205003.pdf

Download (916kB)

Abstract

Sebagian besar startegi pembelajaran di sekolah-sekolah berpusat pada guru dan hal ini mengakibatkan siswa menjadi pasif juga membuat siswa malas untuk mengikuti proses belajar mengajar dan hasil belajar siswapun akan menurun. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi critical incident (pengalaman penting) yang merupakan salah satu strategi untuk mengaktifkan siswa mulai dari awal pembelajaran dengan mengungkapkan pengalaman yang dimiliki oleh siswa, sehingga diharapkan agar siswa lebih semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar dan siswa menjadi lebih rajin belajar terutama pada mata pelajaran fiqih sehingga hasil belajar siswa akan lebih baik. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah: Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fiqih dengan menggunakan strategi critical incident, Bagaimana aktifitas siswa selama mengikuti pembelajaran fiqih dengan menggunakan strategi critical incident, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah strategi critical incident diterapkan pada mata pelajaran fiqih, dan adakah pengaruh strategi critical incident (pengalaman penting) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik, dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-B yang diambil dengan cara Random Sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design dengan menggunakan desain Pre Test And Post Test Design. Analisis data yang digunakan adalah statistic parametric, yaitu dengan menggunakan uji hipotesis data berpasangan (paired test), uji ini digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi critical incident terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Ihyaul ulum Dukun Gresik. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran fiqih dengan menggunakan strategi critical incident termasuk sangat baik dengan rata-rata 3,39 pada pertemuan pertama dan 3,4 pada pertemuan kedua, sedangkan untuk aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran fiqih dengan menggunakan strategi critical incident tergolong aktif, Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata aktivitas aktif siswa sebesar 73,39% pada pertemuan pertama dan 79,56% pada pertemuan kedua, dan jumlah rata-rata aktivitas tidak aktif siswa sebesar 26,56% pada pertemuan pertama dan 19,5% pada pertemuan kedua. Dari data yang didapatkan dari hasil pre test and post tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong baik. Dari data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistic parametric, didapatkan hasil bahwa sebesar 6,3719, dan sebesar 2,04, hal ini berarti atau 6,3719 2,04, yaitu terima dan tolak dari hasil itu ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi critical incident terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs. Ihyaul Ulum Dukun Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharoh, MiftakhulUNSPECIFIEDD31205003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIED196508011992031005
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi Critical Incident
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 20 Aug 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7718

Actions (login required)

View Item View Item