This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istianah, Siti (2009) Peranan Perpustakaan Sekolah dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di SMK 8 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data observasi, interview, dokumentasi dan angket. Gedung perpustakaan sekolah terletak dilantai tiga gedung SMK 8 Surabaya. Gedung perpustakaan ini menjadi satu dengan ruang SAS (ruang belajar mandiri). Ruang SAS ini dilengkapi dengan 16 internet yang berfungsi untuk membantu siswa mencari informasi yang mereka butuhkan apabila mereka tidak mendapatkannya dari perpustakaan. Dalam penatan ruangannya, perpustakaan ini menggunakan sistem tata baur, yakni rak buku terletak di sepanjang dinding, sedangkan meja baca berada ditengah. Pengadaan bahan koleksinya adalah mendapat hibahan langsung dari karyawan, Departemen Pendidikan dan Departemen Agama. Hasil angket tentang peranan perpustakaan sekolah adalah 4890 dari 146 responden, perhitungan regresinya adalah 31,302. Usaha yang dilakukan guru dan pihak lembaga untuk meningkatkan minat belajar PAI siswa, yakni dengan memberikan motivasi, mendata siswa dan sedikit memaksa mereka untuk masuk perpustakaan dan menyediakan ruang SAS. Hasil dari rekapitulasi jawaban angket tentang minat belajar PAI siswa adalah 4621 dari 146 responden, hasil perhitungan regresinya adalah 0,0103. Berdasarkan tabel r pada df = 144 & L = 5% diperoleh nilai 0,482. Maka r hitung (33,638) lebih besar r tabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara peranan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa Dengan demikian, berdasarkan persamaan regresi Y = 31,302 + 0,0103 dapat disimpulkan bahwa variasi variabel peranan perpustakaan sekolah, maka semakin besar peranan perpustakaan sekolah maka semakin besar pula minat belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah peranan peranan perpustakaan sekolah maka semakin rendah juga minat belajar siswa. Dari hasil perhitungan standar deviasi masing-masing variabel, dapat diketahui bahwa nilai rxy = 0,986, yang menurut nilai r tabel menunjukkan jika niali rxy antara 0,90 – 1,00, maka ada korelasi yang sangat kuat/ tinggi antara peranan perpustakaan dengan minat belajar siswa. Jadi dari sini dapat penulis simpulkan bahwa ada perpustakaan sekolah memiliki peranan yang sangat kuat/ tinggi dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMK 8 Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Sumber Belajar | ||||||
Keywords: | Perpustakaan Sekolah; Minat Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 05 Sep 2018 03:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7770 |
Actions (login required)
View Item |