Pengaruh metode Assesment Search (Menilai Kelas) terhadap keberhasilan belajar PAI siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kedamean Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qur'ani, Nur Lailatul (2009) Pengaruh metode Assesment Search (Menilai Kelas) terhadap keberhasilan belajar PAI siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kedamean Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatul Qur'ani_D01205190.pdf

Download (662kB)

Abstract

Berkaitan dengan adanya kurikulum berbasis kompetensi dibutuhkan seorang guru yang kompeten dan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien serta mampu mengelola kelas, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal. Dalam proses belajar mengajar di kelas, tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama terhadap materi pelajaran. Oleh karena itu di antara salah satu cara yang dipergunakan guru untuk membangkitkan semangat belajar sehingga keberhasilan belajar tercapai yaitu dengan menggunakan metode assesment search (menilai kelas). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana pelaksanaan metode assesment search (menilai kelas) di Kelas VIII SMP Negeri I Kedamean? Bagaimanakah keberhasilan belajar siswa PAI kelas VIII di SMP Negeri I Kedamean Gresik? Adakah pengaruh metode assesment search (menilai kelas) terhadap keberhasilan belajar siswa PAI di SMP Negeri I Kedamean Gresik? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : metode observasi, interview, angket atau koesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif prosentase dengan teknik analisis statistik produk moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ada pengaruh metode assesment search (menilai kelas) terhadap keberhasilan belajar siswa PAI Kelas VIII SMP Negeri I Kedamean Gresik. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh yaitu rxy = 0,640, apabila dikonsultasikan pada tabel r product moment dengan taraf df = 38 pada taraf signifikansi 5% = 0,320. Dengan demikian rxy rt pada taraf signifikansi 5% dengan hasil rxy = 0,640 besarnya nilai rxy apabila diinterpretasikan pada standart rxy product moment terletak antara 0,600 – 0,800 sehingga pengaruh yang ada cukup atau sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qur'ani, Nur Lailatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Assesment Search; Menilai Kelas; Keberhasilan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 22 Jan 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7829

Actions (login required)

View Item View Item