Efektivitas Metode Team Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada materi pokok Statistika di Kelas XI SMA Giki 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Guwarsih, Yanies Nury (2009) Efektivitas Metode Team Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada materi pokok Statistika di Kelas XI SMA Giki 2 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanies Nury Guwarsih_D34205001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar sebagai komunikator, demikian pula siswa berperan sebagai komunikan. Bahan ajar yang diberikan oleh pengajar merupakan pesan yang harus dipelajari oleh siswa dan selanjutnya diadopsi sebagai bekal siswa setelah menyelesaikan studinya. Kenyataan pada saat ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di sekolah masih bersifat searah, artinya guru lebih dominan dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk meningkatkan keterampilan belajar mereka sehingga siswa menjadi pasif, hal ini karena guru hanya melibatkan kemampuan berpikir tingkat rendah siswa seperti mengingat, menghafal, dan sedikit memahami. Guru sebagai kunci utama dalam suksesnya pembelajaran dituntut untuk cermat dalam memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar pembelajaran lebih efektif dan efisien, serta mampu memotivasi siswa dalam belajar. Salah satu metode yang membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien adalah Team Teaching. Metode ini dipandang lebih tepat jika digunakan dengan model pembelajaran kooperatif. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa dapat memperoleh bimbingan dan perhatian yang maksimal dari dua guru yang terlibat team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan the one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas. Dari empat aspek yang diamati, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode team teaching dengan model pembelajaran kooperatif di kelas XI SMA GIKI 2 Surabaya dapat dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Guwarsih, Yanies Nury--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Efektivitas pembelajaran; metode team teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 17 Dec 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7905

Actions (login required)

View Item View Item