تأثير تطبيق طريقة السؤال والجواب فى ترقية مهارة قراءة الطلاب فى المدرسة الثانوية دارالسلام سيدودادى سيدوارجو - Pengaruh penerapan metode Bertanya (questioning) dalam meningkatkan kemampuan membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sidodadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Nikmatul (2008) تأثير تطبيق طريقة السؤال والجواب فى ترقية مهارة قراءة الطلاب فى المدرسة الثانوية دارالسلام سيدودادى سيدوارجو - Pengaruh penerapan metode Bertanya (questioning) dalam meningkatkan kemampuan membaca Siswa Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sidodadi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
Nikmatul Umroh_D02205079 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam setiap tahapan dan proses pembelajaran kegiatan bertanya hampir selalu digunakan. Bagaimanapun tujuan pendidikan, secara universal guru akan selalu menggunakan keterampilan bertanya kepada siswanya, karena keterampilan bertanya sangat penting untuk dikuasai, sebab dengan keterampilan bertanya guru dapat menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna. Dalam penerapan model pembelajaran baik CTL maupun model pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (MP PKB) keberhasilannya sangat ditentukan oleh keterampilan bertanya. Karena model pembelajaran tersebut tidak menempatkan siswa sebagai obyek belajar yang hanya bertugas mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi pelajaran, akan tetapi mendorong siswa untuk berperan secara aktif dalam mencari dan menemukan sendiri pengetahuannya. Belajar pada hakikatnya adalah bertanya dan menjawab pertanyaan. Bertanya dapat dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan setiap individu, sedangkan menjawab pertanyaan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berfikir. Bertanya merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran CTL yang dijadikan sebagai suatu pendekatan pembelajaran. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi bertanya terhadap peningkatan pembelajaran Bahasa Arab khususnya Maharoh Qiroah. dan untuk ini penulis mengambil MTs Darussalam sebagai obyek penelitian khususnya kelas IXC. skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif. adapun dalam penulisannya, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu interview, observasi angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif, baik secara induktif maupun deduktif dan secara kuantitatif sesuai dengan jenis datanya dengan menggunakan rumus prosentase, mean(rata-rata) dan produk moment dalam analisa datanya. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertanya berpengaruh terhadap peningkatan dalam pembelajaran maharoh qiroah di kelas IXC. hal ini berdasarkan hasil analisa statistic yang diperoleh menunjukkan angka 0,549.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, NikmatulUNSPECIFIEDD02205079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, AliUNSPECIFIED2016116301
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Metode bertanya; kemampuan membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2009
Last Modified: 04 Dec 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item View Item