PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENGARUH ENERGI PANAS PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PAKEM PADA KELAS III MI Al HIDAYAH BETOYOKAUMAN MANYAR GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anifah, Khoiriyatul (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENGARUH ENERGI PANAS PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PAKEM PADA KELAS III MI Al HIDAYAH BETOYOKAUMAN MANYAR GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada kemapuan mendeskripsikan pengaruh energi panas pada mata pelajaran IPA tentang materi energi panas
dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. di MI Al Hidayah Betoyokauman Manyar Gresik masih banyak siswa yang nilainya masih di bawah KKM yang ditentukan yaitu 65,
oleh karena itu diperlukan strategi yang sesuai dengan karakteristik IPA yaitu model PAKEM yang berbasis inkuiri dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi
panas pada mata pelajaran IPA pada kelas MI Al Hidayah Betoyokauman Manyar Gresik.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas pada mata pelajaran IPA pada kelas III MI Al Hidayah sebelum menggunakan model PAKEM berbasis inkuiri, (2) mengetahui bagaimana implementasi model PAKEM berbasis inkuiri(3) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas pada mata pelajaran IPA melalui model
PAKEM pada kelas III MI Al Hidayah Betoyokauman Manyar Gresik.
Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang MI Al Hidayah Betoyokauman pengambilan data dapat dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap.
Analisis data dapat dilakukan dengan mengungkapkan makna yaitu makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada kemampuan menjelaskan
pengertian energi melalui tindakan , dalam penelitian ini menggunakan data statitik sederhana untuk mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian yaitu:
(1) perencanaan, (2) penerapan, (3) observasi atau pengamatan, (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan mendeskripsikan pengaruh energi panas pada siswa kelas 3 sebelum menggunakan model PAKEM berbasis inkuiri adalah persentase keberhasilannya hanya 23,80% dan nilai rata-rata kelas 47,85 dikarenakan kurang menariknya guru dalam menggunakan variasi strategi dalam pembelajaran. (2) implementasi
model pembelajaran PAKEM berbasis inkuiri pada siklus 1 cukup baik dikarenakan proses pembelajran yang dirancang agak kurang menarik yaitu di dalam kelas dan pada siklus 2
implemntasinya baik. (3) pengingkatan kemampuan siswa dalam mendeskrripsikan pengaruh energi panas dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM berbasis inkuiri bisa dikatakan dapat meningkat, dimana persentase ketuntasan siswa dari siklu satu yang tuntas 10 siswa, nilai rata-rata kelas 62 dan persentase keberhasilan 47,61 % dan meningkat pada siklus II yaitu siswa tuntas sebanyak 18 siswa, nilai rata-rata kelas 80 dan persentase keberhasilan siswa adalah 85,71%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anifah, KhoiriyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Kemampuan Mendeskripsikan; PAKEM berbasis Inkuiri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 06:30
Last Modified: 13 Feb 2015 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item