Implementasi sistem pendidikan Inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghufron, Muhammad (2009) Implementasi sistem pendidikan Inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ghufron_D31304007.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Implementasi Sistem Pendidikan Inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri-Seduri Mojosari-Mojokerto ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan sistem pendidikan inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto, bagaimana proses pembelajaran pendidikan inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto dan bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumenter. Kemudian data dianalisa dengan langkah-langkah mereduksi data, display data, verifikasi dan simpulan agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa dalam merencanakan sistem pendidikan inklusi, input siswa tidak dibedakan apakah mereka dalam kondisi normal atau anak yang berkebutuhan khusus, kurikulum yang digunakan untuk anak yang berkebutuhan khusus sama dengan anak normal lainnya, hanya dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus dan penempatannya yaitu, dalam kelas reguler dengan Pull Out (anak yang berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak normal lainnya di kelas reguler sepenuhnya, tapi setelah proses belajar mengajar selesai siswa dibimbing lagi secara khusus oleh guru pembimbing khusus). Guru MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto terdiri dari guru kelas, guru mata pelajaran dan guru pembimbing khusus. Sedangkan sumber dana untuk keperluan pendidikan inklusi diperoleh dari BP3 siswa dan dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah dan lain-lain. Proses pembelajaran pendidikan inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Mojokerto meliputi model pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab dan tutor sebaya. Media pembelajarannya yang digunakan selain media elektronik juga digunakan media tradisional seperti gambar-gambar, benda abjad, alat peraga dan media sebenarnya. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada pendidikan inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Mojokerto, dilakukan dua penilaian yaitu pertama, penilaian kemampuan akademik siswa yang dapat diukur melalui evaluasi ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester sebagaimana anak normal, hanya saja materinya harus disesuaikan dengan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus. Kedua, penilaian perkembangan anak yang berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian portofolio yang laporannya dapat dibuat baik persemester, per-bulan, per-minggu dan per-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghufron, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 28 Jun 2019 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item