PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN PENALARAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PLSV) DI SMP BAITUSSALAM SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lidia, Lida Fulan (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN PENALARAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PLSV) DI SMP BAITUSSALAM SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Matematika mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Dalam pembelajaran matematika banyak hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu baik strategi, metode maupun pendekatan dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi siswa yang bersangkutan. Pada
penelitian ini, peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berdasarkan masalah. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengajarkan siswa bekerja sama dan berdiskusi satu sama lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan pembelajaran berdasarkan masalah merupakan model pembelajaran yang mengawali pembelajaran dengan masalah yang penting dan relevan sehingga membangkitkan minat dan keinginan siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berdasarkan masalah, dan perbedaan yang signifikan penalaran siswa setelah diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berdasarkan masalah.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen karena pada penelitian ini terdapat perlakuan khusus terhadap variabel-variabel yang diteliti. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t).
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berdasarkan masalah; dan (2) terdapat perbedaan yang
signifikan antara penalaran siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berdasarkan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lidia, Lida FulanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Hasil Belajar; Penalaran Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:09
Last Modified: 13 Feb 2015 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item