Telaah keterampilan berpikir kritis dan scientific epistemological beliefs pada model pembelajaran POE2WE berbantu flipbook di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan MTsN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pitaloka, Nanda Ayu (2025) Telaah keterampilan berpikir kritis dan scientific epistemological beliefs pada model pembelajaran POE2WE berbantu flipbook di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan MTsN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Ayu Pitaloka_06041021053 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nanda Ayu Pitaloka_06041021053 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 October 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan Scientific Epistemological Beliefs (SEB) di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan MTsN 1 Sidoarjo. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik, penerapan model pembelajaran yang kurang melatihkan keterampilan berpikir kritis dan SEB peserta didik, serta media pembelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran berupa buku cetak yang kurang melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Oleh sebab itu dalam penelitian ini, penulis ingin melakukan perbaikan pada pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran POE2WE berbantu flipbook untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan SEB peserta didik di SIKL dan MTsN 1 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen menggunakan posttest only. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen di dua sekolah yang berbeda, yakni SIKL dan MTsN 1 Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SIKL dan MTsN 1 Sidoarjo. Sampel penelitian merupakan kelas VII-A di SIKL dan VII-A di MTsN 1 Sidoarjo, dengan kedua kelas sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, tes, dan angket. Analisis data hasil tes menggunakan uji parametrik Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan model pembelajaran POE2WE berdasarkan aktivitas pendidik memiliki skor rata-rata 93 di SIKL dan 98 di MTsN 1 Sidoarjo. Sementara keterlaksanaan model pembelajaran POE2WE berdasarkan aktivitas peserta didik memiliki skor rata-rata 92 di SIKL dan 90 di MTsN 1 Sidoarjo. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran POE2WE terlaksana dengan sangat baik. Hasil uji t dari hasil tes keterampilan berpikir kritis memperoleh signifikansi sebesar 0,380 > 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan skor rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kritis di SIKL dan MTsN 1 Sidoarjo. Sementara hasil uji Mann Whitney dari hasil kuesioner SEB memperoleh signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan skor rata-rata hasil angket SEB di SIKL dan MTsN 1 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pitaloka, Nanda Ayupitaloka.contact@gmail.com06041021053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorInayah, Naililnaililinayah@uinsa.ac.id2020068902
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsa.ac.id2004117403
Subjects: Pengajaran
Keywords: Berpikir Kritis: Scientific Epistemological Beliefs (SEB); POE2WE
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Nanda Ayu Pitaloka
Date Deposited: 08 Oct 2025 21:54
Last Modified: 08 Oct 2025 21:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81373

Actions (login required)

View Item View Item