Implementasi metode Bahtsul Masail dalam pembelajaran Fiqih Kontekstual di Madrasah Hidayatul Mubtadiien Lirboyo Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrori, Muhammad Nurul (2010) Implementasi metode Bahtsul Masail dalam pembelajaran Fiqih Kontekstual di Madrasah Hidayatul Mubtadiien Lirboyo Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nurul Asrori D01302189 ok.pdf

Download (939kB)

Abstract

Pendidikan merupakan wahana yang sangat efektif dalam menerjemahkan pesan-pesan konstitusi dan merupakan sarana yang tepat dalam membangun watak bangsa (national character building). Seiring dengan perkembangan zaman peradaban umat manusia pun terus tumbuh dan berkembang. Dalam situasi demikian itu jika hendak melihat arah perubahan dan masa depan kehidupan bangsa Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia, maka miniatur yang paling representatif adalah sistem yang diperankan oleh pesantren dan para santrinya. Dengan berkembanganya zaman maka permasalahan-permasalahan dalam bidang agama, terutama fiqih, akan semakin banyak bermunculan. Untuk itu diperlukan diskusi untuk memecahkan masalah-masalah tersebut yang sesuai dengan ajaran agama Islam yaitu Al Quran dan Sunnah. Bahtsul masail adalah forum diskusi yang berfungsi memecahkan segenap permasalahan yang ada dimasyarakat atau permasalahan yang telah diajukan oleh individu atau kelompok masyarakat untuk dicarikan pemecahanya dari pandangan fiqh. Hal ini dilakukan agar para santri tidak serta merta mengambil keputusan hukum yang sebenarnya keputusan itu telah terumuskan secara sistematis dalam kitab-kitab klasik (tahsilu al-hashil) serta mencoba menguraikan dan melacak dasar-dasar argumentasi yang telah dipakai para ulama tempo dulu dalam merumuskan hukum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan the one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes/penilaian, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas santri dan kemampuan ustadz dalam mengelola pembelajaran, metode tes/penilaian digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar santri dalam mengikuti metode bahtsul masail, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon santri terhadap pembelajaran. Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : aktivitas santri selama proses pembelajaran yang paling dominan adalah diskusi/bertanya, kemampuan ustadz dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, respon santri terhadap pembelajaran adalah positif, dan ketuntasan hasil belajar santri dinyatakan tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrori, Muhammad NurulUNSPECIFIEDD01302189
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaleh, Husni M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Bahtsul Masail; Fikih Kontekstual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2010
Last Modified: 04 Aug 2023 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8150

Actions (login required)

View Item View Item