This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istiadie, Johan (2010) Prinsip pendidikan moral pada anak menurut Abdullah Nasih Ulwan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (193kB) |
||
|
Text
abstrak.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi berdasarkan fakta dan data yang benar serta dapat dipercaya Tentang prinsip pendidikan moral anak menurut Abdullah Nasih Ulwan dan Mengetahui relevansi pemikiran pendidikan moral Abdullah Nasih Ulwan dalam menjawab problematika manusia era sekarang, dengan harapan Memberikan sumbangan bagi perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, terutama bagi kemajuan ilmu pendidikan, khususnya menyangkut pendidikan moral anak menurut Abdullah Nasih Ulwan yang belum begitu dilakukan secara proporsional khususnya di Indonesia. Dalam Penelitian penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan tekstual, suatu pendekatan yang berusaha memahami bagaimana prinsip pendidikan moral pada anak menurut Abdullah Nasih Ulwan dengan mendalami hasil karya-karyanya. Hal itu nantinya coba dikontekstualisasikan dengan realitas sosial masyarakat era modern sekarang ini. Maka dalam hal ini penyusun mengadakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Dalam hal ini penulis mengadakan pengumpulan buku, artikel, data internet maupun jurnal yang memiliki relevansi dengan pokok kajian penulis.
Hasil penelitian pemikiran Abdullah Nasih Ulwan tentang pendidikan moral yang semua itu berawal dari konsep Abdullah Nasih Ulwan tentang integritasnya yang cukup besar terhadap masalah pendidikan generasi mendatang. Prinsip pendidikan moral yang dimaksud di sini adalah serangkaian prinsip dasar moral dan keutamaan sikap serta watak (tabiat) yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa pemula hingga ia menjadi seorang mukallaf, yakni siap mengarungi lautan kehidupan. Abdullah Nasih Ulwan merupakan pemikir muslim dari Syria yang menawarkan upaya pendidikan nilai atau moral dengan cara menanamkan dasar-dasar psikis yang mulia berdasarkan keimanan untuk memelihara hak orang lain guna merealisasikan etika sosial dengan pengawasan dan kritik sosial sehingga tumbuh sikap dan perilaku sosial yang menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang agar terwujud masyarakat yang bermoral. Jadi pendidikan moral menurut Nasih Ulwan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seperangkat konsep-konsep atau pesan-pesan moral dan proses penanamannya yang disampaikan oleh Nasih Ulwan kepada anak didik. Secara khas Dalam bidang moral, menurut Nasih Ulwan, tanggung jawab manusia meliputi masalah perbaikan jiwa mereka, meluruskan penyimpangan mereka, mengangkat mereka dari seluruh kehinaan dan menganjurkan pergaulan yang baik dengan orang lain. Setiap orang bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak sejak kecil untuk berlaku benar, dapat dipercaya, istiqamah, mementingkan orang lain, menolong orang yang membutuhkan bantuan, menghargai orang tua, menghormati tamu, berbuat baik kepada tetangga, dan mencintai orang lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan > Anak |
||||||
Keywords: | Prinsip Pendidikan Moral; Abdullah Nasih Ulwan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2018 03:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8157 |
Actions (login required)
View Item |