PENGARUH ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS SUNAN GIRI MOJOMULYO PUGER JEMBER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujayin, Ahmad (2010) PENGARUH ORANG TUA SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS SUNAN GIRI MOJOMULYO PUGER JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Pendidikan nasional diharapkan menghasilkan manusia terdidik yang utuh baik keimanan, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, kepribadian dan rasa tanggungjawab. Untuk itulah peran orang tua sangat penting dalam mencapai hal tersebut, motivasi orang tua dalam memberi pendidikan pada anak-anaknya juga dapat menentukan prestasi anak-anak di sekolah. Oleh karena itu orang tua diharapkan senantiasa untuk lebih peduli dengan pendidikan anaknya. Karena pada pundak merekalah nasib bangsa ke depan apakah bangsa ini akan maju ataukah bangsa ini akan terpuruk semua itu bergantung pada anak-anak Kita di masa yang akan datang.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : bagaimana motivasi orang tua, adakah motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dan seberapa besar motivasi orang tua terhadap prestasi belajar, penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Sunan Giri Mojomulyo Puger,. Teknik pengumpulan datanya digunakan metode interview, observasi, angket dan dokumentasi dan teknik analisis datanya digunakan rumus prosentase, dan Product Moment dengan rumus sebagai berikut
P = f x 100%
n
Berdasarkan dari analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi orang tua tergolong cukup dengan menghasilkan kategori baik 56,76 % dan kategori kurang 42,86 % dan ada pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi siswa terbukti dengan hasil perhitungan dengan Rumus Product Moment yang menghasilkan r hitung sebesar 0,424 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikasi 5 atau 1 % dengan besar pengaruh termasuk kategori sedang atau cukup di mana angka 0,424 berkisar di kisaran 0,40-0,70
Hendaknya orang tua lebih memperhatikan anaknya khususnya ketika anak itu berada di rumah agar anak belajar tidak cuma di sekolah saja tapi di rumah anak juga belajar. Dan senantiasa memberi semangat anaknya untuk lebih giat belajar, Dengan demikian diharapkan prestasi anak akan lebih meningkat lagi. Karena ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa anak atau pemuda pada sekarang adalah pemimpin pada masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : M. Nafiur Rafiq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujayin, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Orang Tua; Motivator; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 13 Feb 2015 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item