Pengaruh variasi metode dalam pengajaran Al-Qur'an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, Abdul (2010) Pengaruh variasi metode dalam pengajaran Al-Qur'an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Haq_D51206400.pdf

Download (660kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini pembelajaran terus mengalami perkembangan dimana pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu upaya untuk membantu peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang dalam pendidikan. Dalam hal ini guru dengan sadar berusaha untuk mengatur lingkungan belajar agar anak didik tetap bersemangat dalam menerima pelajaran dengan seperangkat teori dan pengalaman yang guru punyai, yang mana untuk bagaimana mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis. Seorang guru yang memperhatikan situasi, kondisi toleransi, pandangan dan jangkauan peserta didik ialah mendorong atau menimbulkan variasi dalam mengajar. Yang mana salah satunya adalah dengan mengkombinasi atau memvariasi metode pengajaran sehingga dalam proses mengajar guru tidak terpaku dalam satu metode saja dan ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar. Berangkat dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil suatu rumusan masalah yaitu, 1) bagaimana pelaksanaan variasi metode dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. 2) bagaimana prestasi belajar siswa pada pengajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. 3) bagaimana pengaruh metode variasi dalam pengajaran Al-Qur’ah Hadits terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya, jenis penelitiannya adalah kuantitatif dengan mendeskripsikan hasil yang diperoleh dari 38 siswa kelas VII yang telah dijadikan sampel. Adapun cara pengambilan datanya melalui metode observasi, dokumentasi, interview, dan angket. Untuk mendukung keabsahan dari penelitian ini dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode bervariasi terhadap daya serap siswa pada bidang studi Al-qur’an hadits digunakan korelasi Product Moment. Setelah penulis menganalisa dari beberapa data yang diperoleh dapat ketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif pada metode bervariasi dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi Al-Qur'an Hadist di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan melalui teknik korelasi product moment dengan hasil sebesar 0,791 Apabila dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 5% = 0,329, maka rxy rt, selanjutnya apabila di interpretasikan pada standard product moment maka besarnya nilai rxy=0,791, terletak antara 0,70 - 0,90 yang berarti ada pengaruh antara variabel variasi metode dengan siswa pada bidang studi Al-qur’an hadits di MTs Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Keywords: Variasi Metode, Pengajaran al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 27 Jun 2019 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item