Pengaruh penerapan model Accelerated Learning Tipe Master terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mabruroh, Mufrotul (2010) Pengaruh penerapan model Accelerated Learning Tipe Master terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufrotul Mabruroh_D01205111.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian yang berjudul pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo. Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. Negeri Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. Negeri Krian Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. Negeri Krian Sidoarjo? Adapun data-data penelitian ini dihimpun dari MTs. Negeri Krian Sidoarjo yang merupakan obyek penelitian, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, interview dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti ada tidaknya pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs. Negeri Krian Sidoarjo adalah penelitian kuantitatif. Selain itu penelitian yang dilaksanakan juga merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif korelasional, karena penelitian ini adalah penelitian yang menggambarkan tentang pengaruh atau sebab akibat dari kedua variabel penelitian. Berdasarhan hasil yang diperoleh dari lapangan dan dari perhitungan dengan menggunakan rumus r product moment, dapat disimpulkan : (1) Bahwa penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo adalah termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi bahwa kemampuan guru Fiqih dalam menerapkan model Accelerated Learning tipe MASTER di kelas berdasarkan langkah-langkah pembelajaran model Accelerated Learning tipe MASTER dengan perolehan rata-rata 3,59 dan juga terbukti dari hasil prosentase responden sebesar 79,7%. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo adalah baik. Hal ini berdasarkan analisa data yang diperoleh dari hasil dokumentasi yaitu daftar nilai raport siswa yang menunjukkan rata-rata nilai siswa adalah 7 – 9 dan juga terbukti dengan hasil mean sebesar 8,5. (3) Adanya pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo dapat dikatakan berpengaruh. Hal ini terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan nilai rxy sebesar 0,420. sedangkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo dapat diinterpretasikan pada tabel interpretasi r product moment. Pada tabel interpretasi menyatakan r = 0,40 – 0,70 menunjukkan terdapat korelasi yang sedang atau cukup, sehingga untuk tingkat pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Negeri Krian Sidoarjo dapat dikatakan mempunyai korelasi yang sedang atau cukup karena nilai rxy sebesar 0,420.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mabruroh, MufrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Accelerated Learning; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 05 Jul 2019 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item