SIGNIFIKANSI STRATEGI PREDICTION GUIDE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DI SMP MUHAMMADIYAH I SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Fatmawati (2010) SIGNIFIKANSI STRATEGI PREDICTION GUIDE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PAI DI SMP MUHAMMADIYAH I SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya inovasi penggunaan strategi pembelajaran akhir-akhir ini. Dengan perkembangan yang ada di dunia pendidikan sekarang ini, menghendaki suatu pembelajaran dengan pengaktifan siswa yang bertujuan siswa mencari pengetahuan-pengetahuan baru dengan sendirinya. Beragam jenis strategi mulai banyak diterapkan dalam pembelajaran, salah satunya adalah strategi Prediction Guide. Tetapi dalam menggunakan sebuah strategi pembelajaran perlu diperhatikan apakah penggunaan strategi tersebut efektif atau tidak. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui signifikansi strategi Prediction Guide dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi PAI di SMP Muhammadiyah I Surabaya.
Untuk memfokuskan penelitian skripsi ini, maka peneliti merumuskan beberapa rumusan masalah. Pertama, tentang bagaimana penerapan strategi Prediction Guide pada materi PAI di SMP Muhammadiyah I Surabaya. Kedua, tentang bagaimana prestasi belajar siswa pada materi PAI di SMP Muhammadiyah I Surabaya. Ketiga, tentang signifikansi strategi Prediction Guide dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi PAI di SMP Muhammadiyah I Surabaya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen posttest-only control group, yang melibatkan dua kelompok di mana satu diantaranya diberikan perlakuan eksperimen. Pada desain ini subyek penelitian ditempatkan secara random ke dalam kelompok-kelompok dan yang diekspos sebagai variabel-independen diberi postes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Setelah menganalisa data, maka diperoleh kesimpulan bahwa signifikansi strategi Prediction Guide efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi PAI di SMP Muhammadiyah I Surabaya. Hal tersebut dibuktikan melalui serangkaian uji t yang dilakukan, dimana hasil dari uji t menyatakan bahwa ada perbedaan antara prestasi belajar PAI yang menggunakan strategi Prediction Guide dengan yang tidak menggunakan.
Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir pada taraf signifikansi 5% dari derajat kebebasan 12, ternyata besar angka batas penolakan hipotesa nol yang ditunjukkan dalam tabel nilai-nilai t (pada lampiran) adalah 2.179. kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t yang telah diperoleh dalam penelitian sebesar 2.3 merupakan angka yang lebih besar dari t tabel.sehingga Hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, FatmawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: PREDICTION GUIDE
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8224

Actions (login required)

View Item View Item