Hubungan antara penilaian produk (Product Asessment) dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Hasan Munadi Banggle Beji Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

NAFISAH, ZAKIYATI (2010) Hubungan antara penilaian produk (Product Asessment) dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Hasan Munadi Banggle Beji Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakiyati Nafisah_D01205192.pdf

Download (933kB)

Abstract

Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian proses dan hasil belajar. Pelaku penilaian terhadap proses dan hasil belajar diantaranya adalah penilaian internal dan eksternal. Penilaian internal merupakan penilaian yang dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak luar yang tidak melaksanakan proses pembelajaran.
Dalam skripsi ini, permasalahan yang akan dibahas adalah berlandaskan latar belakang diatas. Rumusan masalahnya adalah berkaitan erat dengan: 1) bagaimana bentuk penilaian produk, 2) bagaimana kreativitas belajar siswa, dan 3) bagaimana hubungan antara penilaian produk (product assessment) dengan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dimana peneliti mengambil subyek secara acak sejumlah 40 siswa dari 202 siswa di masing-masing kelas (kelas X, XI dan XII). Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan analisis kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket dan metode dokumentasi. dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan nilai r x y sebesar 0,611 apabila nilai r x y tersebut dikonsultasikan dengan nilai tabel koefisien korelasi product moment pada taraf signifikan 5 % = 0,320 dan taraf signifikan 1 % = 0,413, maka nilai r x y lebih besar dari r t baik pada taraf signifikan 5 % maupun taraf signifikan 1 %. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dan apabila nilai r x y sebesar 0,611 dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r product moment, maka diantara 0,60 – 0,80. hal ini terdapat hubungan yang cukup. Jadi hubungan antara penilaian produk (product assessment) dengan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dapat dikategorikan cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
NAFISAH, ZAKIYATIUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Penilaian Produk; Kreativitas Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 11 Jun 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item