Strategi pembelajaran Al Quran dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Quran santri di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khozim, Nur (2010) Strategi pembelajaran Al Quran dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Quran santri di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Khozim D51206386 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fatich Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Secara sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik (santri) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik, karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangakat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul strategi pembelajaran al-qur'an dalam meningkatkatkan kualitas bacaan al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya. Persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah menarapkan strategi dalam pembelajaran? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya?; (2) Bagaimana kualitas bacaan Al-Qur'an santri Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya? Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan kualitas bacaan al-Qur'an santri di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya menunjukkan dilaksanakan dengan baik, karena didukung oleh beberapa faktor pendukung, terlebih lagi oleh figur pengasuh Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya yang ahli dalam bidang pembelajaran al-Qur'an, program pendidikan yang sudah diterapkan sejak pesantren ini didirikan, guru yang berpengalaman dan semangat santri untuk belajar serta lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran al-Qur'an di Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya adalah masa belajar santri yang relatif pendek, dan kurangnya pengembangan kurikulum serta minimnya dana oprasional. Oleh sebab kualitas bacaan al-qur'an santri Pondok Pesantren Al Fatich Surabaya bervariatif. Namun sebagian besar dari santri menunjukkan bahwa bacaan meraka sangat baik Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran Al-Qur'an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khozim, NurUNSPECIFIEDD51206386
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudhofir, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; A Quran; kualitas bacaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 24 Jul 2023 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item View Item