This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewintasari, Najhwa Ardhya (2025) Kemampuan fluency procedural siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari kemandirian belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Najhwa Ardhya Dewintasari_06040421083 OK.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Najhwa Ardhya Dewintasari_06040421083 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 September 2028. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan fluency procedural siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari kemandirian belajar di MTsN 3 Bojonegoro. Kemampuan fluency procedural merupakan kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan prosedur. Indikator fluency procedural dalam penelitian adalah pengetahuan tentang prosedur, pengetahuan tentang kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan tepat, terampil dalam melakukan prosedur secara fleksibel, akurat dan efisien. Pada kenyataannya siswa terkadang mengalami kesulitan di saat melakukan penyelesaian masalah menggunakan prosedur. Kemampuan fluency procedural mempunyai keterkaitan dengan kemandirian belajar untuk dapat melakukan penyelesaian masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan cara purposive sampling siswa kelas VIII E di MTsN 3 Bojonegoro yang terdiri dari 9 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Kemudian data hasil tes dan wawancara dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan fluency procedural siswa yang memiliki kemandirian belajar tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah SPLDV mampu memenuhi semua indikator fluency procedural. Kemampuan fluency procedural siswa yang memiliki kemandirian belajar tingkat sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV pengetahuan tentang prosedur siswa mampu menjelaskan pengertian tentang prosedur apa yang akan digunakan, pada pengetahuan tentang kapan dan bagaimana menggunakan prosedur dengan tepat siswa tidak mampu menjelaskan alasan memilih prosedur tersebut dengan tepat dan kurang mampu menjelaskan cara menggunakan prosedur yang akan digunakan dengan tepat, pada terampil dalam melakukan prosedur secara fleksibel, akurat dan efisien siswa kurang mampu menyelesaikan soal dengan mengikuti prosedur, kurang mampu menghasilkan jawaban yang benar dan kurang mampu menyelesaikan soal dengan satu prosedur dan mengecek hasilnya dengan prosedur lain. Kemampuan fluency procedural siswa yang memiliki kemandirian belajar tingkat rendah dalam menyelesaikan masalah SPLDV tidak mampu memenuhi semua indikator fluency procedural.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Fluency procedural; Penyelesaian masalah; Kemandirian belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Najhwa Ardhya Dewintasari | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Sep 2025 10:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Sep 2025 10:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |