This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Silviana, Eka Putri (2025) Efektivitas model pembelajaran (creative problem solving) (CPS) berbantuan articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan iklim di MTsN Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Eka Putri Silviana_06021021025 OK.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Eka Putri Silviana_06021021025 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2028. Download (11MB) |
Abstract
Abad ke-21 ini menuntut penguasaan kemampuan yang lebih kompleks, di antarannya yaitu berpikir kreatif. Dalam kenyatannya, berpikir keatif di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya di MTsN Gresik. Rendahnya berpikir kreatif tersebut salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang sesuai dengan modul yang telah dibuat. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Articulate Storyline terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif jenis pre-experimental dengan desain Statistic Group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi serta tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan guru dan peserta didik, uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kedua kelas, serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model CPS berbantuan Articulate Storyline yang dilakukan guru mendapatkan skor 91,66 (sangat baik). Sementara pada aktivitas siswa selama pembelajaran mendapatkan skor 89 (sangat baik). Data tes diuji dengan independent sample t-test mendapatkan nilai sig. 0,00 yang berarti terdapat perbedaan pada kedua kelas. Sementara pada nilai N-gain kelas eksperimen diperoleh rata rata ≥ 0,3 yaitu 0,69 (sedang) yang lebih besar jika dibandingkan dengan kelas kontrol dipeoleh rata rata ≥ 0,3 yaitu 0,47 (sedang). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Articulate Storyline efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di MTsN Gresik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Biologi Metode Pembelajaran Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Articulate Storyline; Keterampilan Berpikir Kreatif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | eka ana | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2025 13:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2025 13:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |