Efektivitas model pembelajaran (creative problem solving) (CPS) berbantuan articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan iklim di MTsN Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silviana, Eka Putri (2025) Efektivitas model pembelajaran (creative problem solving) (CPS) berbantuan articulate storyline terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan iklim di MTsN Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Putri Silviana_06021021025 OK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Eka Putri Silviana_06021021025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2028.

Download (11MB)

Abstract

Abad ke-21 ini menuntut penguasaan kemampuan yang lebih kompleks, di antarannya yaitu berpikir kreatif. Dalam kenyatannya, berpikir keatif di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya di MTsN Gresik. Rendahnya berpikir kreatif tersebut salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang sesuai dengan modul yang telah dibuat. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Articulate Storyline terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif jenis pre-experimental dengan desain Statistic Group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi serta tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan guru dan peserta didik, uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kedua kelas, serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model CPS berbantuan Articulate Storyline yang dilakukan guru mendapatkan skor 91,66 (sangat baik). Sementara pada aktivitas siswa selama pembelajaran mendapatkan skor 89 (sangat baik). Data tes diuji dengan independent sample t-test mendapatkan nilai sig. 0,00 yang berarti terdapat perbedaan pada kedua kelas. Sementara pada nilai N-gain kelas eksperimen diperoleh rata rata ≥ 0,3 yaitu 0,69 (sedang) yang lebih besar jika dibandingkan dengan kelas kontrol dipeoleh rata rata ≥ 0,3 yaitu 0,47 (sedang). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan Articulate Storyline efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di MTsN Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silviana, Eka Putrisilvianaekaputri2502@gmail.com06021021025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id--
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id711119101
Subjects: Biologi
Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving; Articulate Storyline; Keterampilan Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: eka ana
Date Deposited: 30 Aug 2025 13:40
Last Modified: 30 Aug 2025 13:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83051

Actions (login required)

View Item View Item