Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi statistika menggunakan model group investigation untuk melatihkan berpikir kritis matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauludiyah, Indah (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi statistika menggunakan model group investigation untuk melatihkan berpikir kritis matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Mauludiyah_D74216057_Full.pdf

Download (11MB)

Abstract

Statistika termasuk salah satu ilmu yang diajarkan di sekolah dan memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan Group Investigation yang berpusat pada peserta didik diharapkan pesereta didik dapat berpikir lebih kritis dalam pembalajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Group Investigation. Selain itu kepraktisan dan kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi statistika dengan menggunakan model Group Investigation dimaksudkan untuk melatihkan berpikir kritis matematis peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan, yang dikembangkan dengan model Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu 1) tahap investigasi awal 2) tahap pembuatan prototype 3) tahap penilaian. Produk yang dihasilkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini dilakukan di SMA Antartika Sidoarjo dengan subyek peserta didik pada kelas XII dengan materi statistika. Data yang didapatkan adalah dari field note, dan data validasi. Hasil analisis awal akhir menunjukkan bahwa pembelajaran di SMA Antartika Sidoarjo lebih kepada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Kemudian dilakukan tahap pembuatan prototype, setelah itu divalidasikan ke validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa pada data kevalidan RPP diperoleh rata-rata total validasi RPP sebesar 3,51, yang berarti RPP dapat dikatakan valid, dan pada data kevalidan LKPD, diperoleh rata-rata total validasi LKPD sebesar 3,47, yang berarti LKPD dapat dikatakan valid. Hasil kepraktisan disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LKPD model kooperatif tipe Group Investigation untuk melatihakan berpikir kritis matematis peserta didik yang dikembangkan rata-rata memperoleh nilai A dan B dapat dikatakan “praktis”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauludiyah, Indahindahmldyh34@gmail.comD74216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; group investigation; statistika; berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Indah Mauludiyah
Date Deposited: 27 Oct 2025 01:53
Last Modified: 27 Oct 2025 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83179

Actions (login required)

View Item View Item