This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ariza, Fita (2010) PENGARUH PENERAPAN METODE SAVI (SOMATIS AUDIO VISUAL INTELEKTUAL) TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN FIQIH DI SMP ISLAM TRI SHAKTI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
bab1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan metode SAVI terhadap keberhasilan pembelajaran Fiqih di SMP Islam Tri Shakti Surabaya. Adapun isi dari skripsi ini terdiri dari lima bab, yaitu pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian dan penutup.
Adapun data-data penelitian ini dihimpun dari SMP Islam Tri Shakti Surabaya yang merupakan objek penelitian. Berkenaan dengan itu dalam penelitian lapangan ini digunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan penjelasan dan telaah dokumen kemudian data tersebut di analisis dengan pola pikir induktif, yaitu mengemukakan fakta dan data tentang penerapan metode SAVI terhadap keberhasilan pembelajaran Fiqih di SMP Islam Tri Shakti Surabaya, kemudian dilihat dari sudut pandang teori-teori yang berhubungan dengan pendidikan, dan untuk mengetahui kesimpulannya dilakukan secara verifikatif yaitu dengan menilai antara teori dengan fakta atau kenyataan, yaitu setelah mengetahui gambaran tentang penerapan metode SAVI terhadap keberhasilan pembelajaran Fiqih di SMP Islam Tri Shakti Surabaya sehingga dapat di analisis untuk memperoleh pembenaran dalam bentuk dukungan data empiris dilapangan dan juga memerlukan analisis statistik untuk mencapai kebenaran hipotesis.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) di SMP Islam Tri Shakti Surabaya sudah cukup baik meskipun penerapan metode SAVI ini belum dapat berpengaruh sepenuhnya pada pelajaran Fiqih karena guru bidang studi juga menggunakan metode pembelajaran lain dalam menyampaikan materi-materi Fiqih, dan menyesuaikan antara materi yang akan disampaikan kepada siswa dengan metode pembelajaran yang akan digunakan. Keberhasilan pembelajaran fiqih di SMP Islam Tri Shakti. tergolong dalam kriteria baik, dalam artian guru dan siswa berinteraksi dengan baik sesuai dengan tujuan yang direncanakan yaitu agar siswanya menjadi seseorang yang berkepribadian baik sesama guru, orang tua dan sesama umat beragama serta pembelajarannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu tampak pada nilai-nilai siswa pada pelajaran Fiqih yang hampir lebih dari setengah jumlah siswa secara keseluruhan mendapatkan nilai yang memuaskan.
Dengan demikian pengaruh penerapan metode SAVI terhadap keberhasilan pembelajaran fiqih belum dapat mengefektifkan keberhasilan pembelajaran siswa pada Fiqih di SMP Islam Tri Shakti Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Somatis Audio Visual Intelektual | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 07:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8327 |
Actions (login required)
View Item |