This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoirun, Mukhammad (2010) KONSEP ULU AL-ALBAB DALAM AL-QURAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (PENDEKATAN TEMATIS, FILOSOFIS, PEDAGOGIS-KRITIS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
babi..pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
babii..pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
babiii..pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
babiv..pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
babv..pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam sesungguhnya mempunyai tugas untuk melahirkan generasi yang mampu melaksanakan misi rahmatan li al-alamin; menjadi agen perubahan sosial (agent of social change). Akan tetapi, realitas yang terjadi saat ini ternyata kejahatan dan pelanggaran terhadap nilai-nilai justeru banyak dilakukan oleh penjahat kerah putih (white collar crime), yaitu kaum atau golongan yang sesungguhnya adalah kaum yang terpelajar, terdidik, para pengusaha, para pejabat yang seharusnya mampu memberikan teladan kepada masyarakat luas. Sebagai contoh, gelar akademik seperti doktor, magister, dokter, insinyur, ekonom saat ini justeru diperdagangkan, dan yang membeli dari berbagai kalangan: pemimpin, elit politik, bahkan agamawan. Al-Qur'an sebagai rujukan utama dalam pendidikan Islam, menawarkan satu konsep sosok cendekiawan muslim; ulama sekaligus pemikir, yaitu ulu al-albab. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami konsep ulu al-albab dalam al-Qur'an serta mengidentifikasi bagaimana implementasi konsep tersebut dalam pendidikan Islam.
Penelitian literer ini menggunakan pendekatan interdisipliner yang terdiri atas pendekatan tematis, filosofis dan critical pedagogy. Dalam penggalian data terhadap sumber primer dan sekunder, digunakan pendekatan tematis (mauduiy) dengan metode penafsiran secara mauduiy. Analisis data hasil penelitian menggunakan pendekatan filosofis yaitu untuk menemukan hakikat ulu al-albab dalam konteks saat ini, dengan menggunakan metode hermeneutik dan berpola sintetik-analitik (konteks - teks - konteks). Sementara itu, pendekatan critical pedagogy digunakan untuk menganalisis dan mengidentifikasikan implementasi konsep ulu al-albab dalam pendidikan Islam.
Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: pertama, konsep ulu alalbab dalam al-Qur'an diperoleh melalui penelusuran terhadap arti kata ulu alalbab; baik arti secara bahasa, secara tekstual (munasabah ayat-ayat dalam al-Qur'an) dan pengertian dari teks al-Qur'an setelah didialogkan dengan konteks saat ini. Ulu al-albab yaitu orang-orang yang mempunyai akal-akal yang jernih, lurus, suci dan bebas dari segala pikiran kotor, memiliki keunggulan spiritual, keunggulan intelektual (kecerdasan majemuk) dan keunggulan sosial dalam rangka melaksanakan ya'mur bi al-maruf (humanisasi dan emansipasi), tanha an al-munkar (liberasi, terkait dengan kepentingan sosial) dan tu'minuna billah (transendensi). Kedua, konsep ulu al-albab yang menjadi tawaran perumusan orientasi pendidikan Islam tersebut selanjutnya diimplementasikan ke dalam desain pendidikan Islam, yang meliputi: pengertian pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum, pendekatan dan metode pembelajaran serta media pembelajaran. Implementasi tersebut dalam rangka menawarkan corak baru pendidikan Islam berorientasi ulu al-albab dengan menggunakan paradigma critical pedagogy.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Prophetic Intelligence | ||||||
Keywords: | Konsep Ulu al-Albab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2015 08:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8333 |
Actions (login required)
View Item |