Pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fani, Anato (2010) Pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Anato Fani D01206082.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka Anato Fani D01206082.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya ini dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Talking Stick di SMP Negeri 4 Surabaya? Bagaimana Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya? Apakah metode pembelajaran Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya?
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dari populasi sebanyak 266 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, median, dan rumus product moment agar mendapat hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick di SMP Negeri 4 Surabaya dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif dan efisien atau tergolong cukup baik, karena hasil perhitungan prosentase berada pada rentang 56% -76% tepatnya yaitu 75,5%. Untuk hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan median antara 71– 85 tepatnya 77,5.
Sedangkan dalam pengaruh penerapan metode Talking Stick terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Surabaya mempunyai implikasi(dampak/ pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kategori cukup. Hal ini berdasarkan dari hasil perhitungan product moment, hasil yang diperoleh adalah 0,65 dan pada tabel interpretasi berada pada nilai r = 0,40 – 0,70 menunjukkan bahwa antara Variabel X dan Y terdapat pengaruh yang cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fani, Anato-D01206082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode Talking Stick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 08 Jul 2021 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item View Item