This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Haqiqiyah, Farichah Indah (2023) Proses berpikir siswa yang mengalami miskonsepsi berdasarkan teori mason dengan certainty of response index (CRI) termodifikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Farichah Indah Haqiqiyah_D74219024 OK.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Farichah Indah Haqiqiyah_D74219024 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 August 2028. Download (9MB) |
Abstract
Miskonsepsi merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi dalam dunia pendidikan dan tidak terkecuali terjadi pada pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika, sering terjadi kesalahan konsep atau yang biasa disebut miskonsepsi dimana siswa tersebut merasa telah memahami suatu konsep namun nyatanya konsep yang dimiliki oleh siswa tersebut merupakan konsep yang salah atau bukan konsep yang telah disetujui oleh pada ahli. Siswa yang mengalami miskonsepsi akan terus menerus menggunakan konsep yang salah tersebut apabila tidak segera diberi pemahaman lebih lanjut terkait konsep yang tepat. Miskonsepsi pada siswa dapat terjadi pada saat ia memahami maksud soal, menyelesaikan soal, dan saat mengecek kembali ketepatan hasil jawaban yang telah didapatkan. Terdapat beberapa metode untuk menganalisis terjadinya miskonsepsi pada siswa, salah satunya dengan menggunakan metode certainty of response index (CRI) termodifikasi. Untuk mengatasi miskonsepsi siswa, akan lebih baik mengetahui dimana letak kesalahan siswa tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan analisis terkait proses berpikir siswa yang mengalami miskonsepsi dengan berpedoman pada teori Mason. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir dari siswa yang mengalami miskonsepsi dengan berpedoman pada teori Mason. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-A MTs Darul Ulum Waru. Subjek penelitian ini ada 3 yang sebelumnya melakukan tes dan wawancara terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni tes tertulis yang berupa dua soal essay dengan materi SPLDV untuk mengetahui dugaan siswa yang mengalami miskonsespsi dan selanjutnya dilakukan wawancara untuk mengetahui kepastian terjadinya miskonsepsi terhadap siswa tersebut dan untuk mengetahui proses berpikir dari siswa tersebut. Setelah data penelitian diperoleh, peneliti melakukan analisis data dengan beberapa tahap yakni tahap kondensasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi data. Selajutnya data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yakni proses berpikir dan letak kesalahan dari subjek yang mengalami miskonsepsi tidak dapat dipukul rata. Kesalahan konsep dari ketiga subjek yang digunakan oleh peneliti terjadi pada indikator yang berbeda namun dapat terjadi juga pada indikator yang sama. Ketiga subjek tersebut sama-sama mengalami kesalahan pada indikator mengidentifikasi yang diketahui yang merupakan salah satu indikator pada fase masuk (entry phase). Selain itu, ketiga subjek tersebut juga sama-sama tidak mengalami miskonsepsi pada indikator mengidentifikasi yang ditanyakan yang juga merupakan salah satu indikator pada fase masuk (entry phase). Pada fase meninjau ulang (review phase), ketiga subjek tidak mengalami miskonsepsi apapun. Untuk indikator lain yang terdapat pada fase menyelesaikan (attack phase), ketiga subjek mengalami miskonsepsi yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa cukup beragam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Miskonsepsi; teori mason; certainty of response index (CRI) termodifikasi; letak kesalahan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Farichah Indah Haqiqiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2025 14:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2025 14:08 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |