EFEKTIVITAS TEKNIK BERTANYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA'ARIF PAMOTAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2010) EFEKTIVITAS TEKNIK BERTANYA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA'ARIF PAMOTAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Dalam penelitian ini yang dilatarbelakangi kurangnya partisipasi siswa dalam memberikan jawaban dan tanggapan atas pertanyaan guru yang terjadi di sekolah-sekolah. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengetahui dan mengembangkan teknik bertanya yang tepat dalam mengajukan pertanyaan (teknik pemberian waktu tunggu, teknik menuntun, menggali, pindah gilir, penguatan, dan pemusatan). Dimana guru harus bisa memadukan beberapa teknik bertanya dalam suatu proses pembelajaran sehingga siswa mampu berpartisipasi aktif dalam menjawab setiap pertanyaan.
Penelitian ini dilakukan di MI Maa'arif Pamotan Porong, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa MI Ma'arif dengan jumlah 179 siswa, siswa kelas V sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan product moment dilanjutkan dengan t .
Berdasarkan analisis dalam proses pembelajaran selama dua pertemuan didapati bahwa teknik bertanya guru tergolong baik yaitu dengan nilai observasi 3,66 dan prosentase hasil angket 65,2%. Hasil analisis untuk partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dengan teknik brtanya guru tergolong baik karena dapat dilihat dari nilai observasi partisipasi belajar siswa 3,42 dan hasil angket 67,6%. Untuk mengetahui keefektifan teknik bertanya dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil product moment dengan nilai 0,753 tergolong adanya hubungan yang kuat, dilanjutkan t dengan hasil 5,489 terbukti bahwa t lebih besar dari t , atau 5,489 2,069, maka ada hubungan yang signifikan. Jadi, teknik bertanya efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa.
Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik di MI Ma'arif Pamotan maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan teknik bertanya yang tepat agar dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam menjawab dan menanggapi pertanyaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Teknik Bertanya; Partisipasi Belajar Siswa;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 11 Feb 2015 08:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8373

Actions (login required)

View Item View Item