Implementasi gamifikasi pada pembelajaran doa sehari-hari menggunakan marker-based augmented reality

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masaid, Moch Syahrul (2025) Implementasi gamifikasi pada pembelajaran doa sehari-hari menggunakan marker-based augmented reality. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Syahrul Masaid_09010620006 OK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Moch Syahrul Masaid_09010620006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2028.

Download (10MB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mendorong inovasi dalam pendidikan, termasuk pembelajaran agama bagi anak usia dini. Namun, metode pengajaran doa harian di TPQ masih bersifat konvensional, cenderung monoton, dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran interaktif doa harian berbasis Augmented Reality (AR) dengan elemen gamifikasi guna membantu pemahaman dan motivasi belajar anak. Metode yang digunakan adalah evolutionary prototyping, melalui tiga tahapan iteratif. Tahapan perancangan sistem dimulai analisis kebutuhan, pembuatan prototipe, dan uji coba pengguna. Aplikasi yang dikembangkan menyajikan visual 3D, audio doa, teks arab dan latin, serta fitur kuis dengan poin dan life point. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi berjalan sesuai fungsi, menarik minat siswa, dan membantu kelancaran hafalan doa. Penggabungan AR dan gamifikasi terbukti efektif sebagai media pembelajaran doa yang menyenangkan dan interaktif bagi anak usia dini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masaid, Moch Syahrulsyaahrulsaid257@gmail.com09010620006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorNooriansyah, Subhansubhan.nooriansyah@uinsa.ac.id2028129005
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Augmented reality; gamifikasi; doa harian; anak usia dini; media pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Moch. Syahrul Masaid
Date Deposited: 31 Aug 2025 12:43
Last Modified: 31 Aug 2025 12:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83802

Actions (login required)

View Item View Item